3 Bulan Tanpa Tindak Lanjut, Ombudsman Jambi Urus Jaminan Kesehatan Suci Penyandang Disabilitas

3 Bulan Tanpa Tindak Lanjut, Ombudsman Jambi Urus Jaminan Kesehatan Suci Penyandang Disabilitas

Suci saat dikunjungi oleh Mensos Risma beberapa waktu lalu-ist -

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Masih ingat dengan kondisi Suci, seorang penyandang disabilitas yang tak tersentuh bantuan dari pemerintah?

Ia merupakan warga RT 20, Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Sekarang, kondisi Suci (16), penyandang disabilitas sejak lahir, bersama ibunya, Amelia (47) terlihat sudah membaik dibandingkan dengan kondisi pada kunjungan terakhir Ombudsman Jambi tiga bulan yang lalu. 

Amelia kini sudah bisa beraktivitas seperti biasa setelah sebelumnya hanya bisa terbaring lemah akibat siraman minyak panas yang menimpanya beberapa bulan yang lalu. Sementara anaknya juga tampak lebih segar.

Setelah kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Maret 2022 lalu, sudah ada peningkatan bantuan sosial yang diterima oleh ibu dan anak ini. 

Mulai dari dari bantuan sembako, uang santunan, kursi roda, serta pengobatan terapi untuk Suci. Namun demikian bantuan utama yang dibutuhkan oleh keluarga tidak mampu ini masih belum kunjung didapatkan.

"Mereka belum menerima bantuan iuran BPJS Kesehatan meski sudah dijanjikan sejak tiga bulan lalu. Sampai saat ini mereka harus membayar untuk pengobatan ibu dan anaknya," ujar Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman Jambi, Abdul Rokhim. (Zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: