Gara-Gara Ini, Sapi Warga di Tanjungbelit Bungo Mati Mendadak

Gara-Gara Ini, Sapi Warga di Tanjungbelit Bungo Mati Mendadak

MATI: Kondisi sapi milik Adefriko yang mati tanpa sebab yang jelas.-ist-https://jambiindependent.disway.id/

MUARABUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Warga RT 02, Tanjungbelit dikejutkan dengan adanya sapi warga yang ditemukan mati mendadak, Kamis 19 Mei 2022 kemarin. Sapi tersebut diketahui milik Adefriko (40).

Warga semakin khawatir, lantaran belakangan ini sangat ramai diperbincangkan mengenai Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yagn menyerang hewan ternak warga, khususnya pada sapi.

Pasalnya, penyakit ini dianggap menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar seperti gajah, antelope, bison, menjangan, dan jerapah.

“Saya heran, sapi saya yang berusia 2 tahun mati tanpa sebab. Padahal sebelumnya kondisinya sehat. Tidak ada tanda akan mengalami sakit,” kata dia.

BACA JUGA:5 Tanda Anda Terlalu Banyak Konsumsi Garam

BACA JUGA:5 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Akibat peristiwa itu, Adefriko mengalami kerugian hingga Rp 8 juta. Ia pun berharap, dengan kematian sapi tersebut tidak memberikan dampak buruk atau menular ke sapi lainnya.

“Semoga tidak ada hewan ternak sapi lain nya lagi yang bernasib sama sapi saya," ungkap Adefriko.

Sementara  menurut salah satu petugas penyuluh peternakan, Azizah mengatakan, dari hasil pengecekan pihaknya sapi tersebut mati bukan lantaran PMK.

"Setelah kami cek diduga sapi milik warga bernama Adefriko termakan racun rumput dan tidak ada tanda-tanda gejala mati karena sakit kuku dan mulut yang lagi viral sekarang ini," tutup Azizah. (mai/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: