Ribuan Aplikasi di Play Store Akan Disembunyikan Oleh Google

Ribuan Aplikasi di Play Store Akan Disembunyikan Oleh Google

Ilustrasi. Play Store. Pixbay--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Kabar terbaru dari google. Google berencana akan menyembunyikan aplikasi Android yang ada di Play Store.
 
Aplikasi yang akan disembunyikan adalah 
aplikasi yang sudah lama tidak di update oleh pembuatnya di Play Store. 
 
Mengutip Cnet, Senin 16 Mei 2022 Google sedang bersiap untuk menyembunyikan aplikasi itu. Sehingga pengguna tidak bisa mengunduhnya sampai pengembang merilis update pada aplikasi tersebut. 
 
 
 
Menurut Google, pihaknya menyembunyikan seluruh aplikasi itu karena alasan untuk melindungi keselamatan penggunanya. 
 
Sebab, aplikasi itu tidak melakukan perubahan baik di Android maupun iOS pengembangan baru yang menawarkan perlindungan keamanan. 
 
Jika dibandingkan dengan aplikasi Appel, secara total Google memiliki sekitar 869.000 aplikasi Android yang tidak mendapatkan update.  Sementara Apple hanya 650 ribu aplikasi. 
 
Raksasa mesin pencari itu mengatakan aplikasi lama berpotensi memiliki masalah keamanan yang tidak dimiliki aplikasi baru.
 
Namun, sejumlah pengembang mengeluhkan rencana Google untuk menghapus aplikasi yang tidak update di Play Store selama dua tahun.
 
 
 
Mereka menyakini, keputusan Apple dan Google tidak adil dari sisi pengembang dengan alasan untuk keamanan pengguna seperti yang dikutip dari jpnn.com
 
Dengan pemblokiran itu, pengguna dan pengembang di Rusia tidak bisa mengunduh atau meng-update aplikasi berbayar di perangkat mereka. (viz)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: