Limbah PDAM di Desa Talangmakmur Resahkan Warga, Komisi II DPRD Tanjab Barat Panggil Pihak Terkait

Limbah PDAM di Desa Talangmakmur Resahkan Warga, Komisi II DPRD Tanjab Barat Panggil Pihak Terkait

Limbah PDAM di Desa Talang Makmur, Tanjab Barat -Khairul Umam/jambi-independent -

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Limbah endapan berupa lumpur dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Pengabuan yang mengalir diwilayah kilometer 06, Desa Talangmakmur, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi meresahkan masyarakat sekitar.

Pasalnya, pembuangan endapan air ini mengalir ke perkebunan masyarakat yang mengakibatkan sejumlah kebun masyarakat di Desa Talangmakmur terendam banjir, dan tak sedikit pula tanaman sawit milik warga menjadi rusak.

Kepala Desa Talangmakmur, Aminah mengatakan luapan limbah PDAM Tirta Pengabuan ini sudah terjadi sejak bulan Juli 2021 lalu, sehingga banyak kebun warga yang mengalami banjir dan rusak akibat pembuangan limbah tersebut.

"Masyarakat merasa rugi akibat dampak limbah PDAM banyak perkebunan warga rusak, belum lagi disaat hari hujan sehingga merendam perkebunan warga," kata kades saat melaksanakan rapat dengar pendapat bersama anggota Komisi II DPRD Tanjab Barat, Selasa, 17 Mei 2022.

BACA JUGA:Rektor Unja Cek Pelaksanaan Hari Pertama UTBK, Segini Jumlah Mahasiswa yang Bakal Diterima 

BACA JUGA:Biar Mudah Urus Administrasi, Sediakan Jalur Khusus Lansia dan Disabilitas

Ia meminta kepada pihak terkait agar masalah ini segera dituntaskan dan mencari solusi agar dampak yang ditimbulkan tidak terjadi lebih meluas merusak mata pencaharian warganya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD Tanjab Barat, Tubagus Satria Ryan Hermawan mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil rapat komisi ini, pihaknya dalam waktu dekat bersama dinas terkait akan turun ke lokasi melakukan peninjauan terhadap dampak kerusakan dari limbah PDAM tersebut.

"Kami nanti dari Komisi II akan mengadakan turun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi limbah PDAM dan kondisi kebun masyarakat yang terdampak, kami akan mengundang OPD terkait untuk meninjau dilapangan," ungkapnya.

Mengenai langkah yang akan diambil, Politisi PDI-Perjuangan ini menambahkan bahwa pihaknya akan berkoodinasi terlebih dahulu bersama OPD terkait mencari solusi. 

BACA JUGA:Semakin Atraktif dan Aman, Kemasan AHM OIL Hadir dengan Kemasan Baru 

BACA JUGA:Dandim 0415/Jambi Hadiri Peringatan HUT Kota Jambi

"Terkait hal ini kita akan berkoodinasi dulu dengan pihak PU, tidak bisa secara instan, apakah limbah endapan itu diolah kembali atau kita buatkan saluran pembuangannya. Yang pasti kita akan kawal permasalahan ini untuk kesejahteraan masyarakat," tandasnya. (Rul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: