Penyakit Mulut dan Kuku Dipastikan Tidak Menular, Ini Penjelasan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel

Penyakit Mulut dan Kuku Dipastikan Tidak Menular, Ini Penjelasan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel

ilustrasI Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan-Ist-https://sumeks.co/

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan bahwa telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh kabupaten/kota untuk terus mengawasi pemasukan hewan dari luar daerah.

Ini terkait kabar ditemukan sapi di Kota Lubuklinggau yang diduga (suspect) terpapar Penyakit Mulut dan Kuku(PMK) beberapa hari lalu.

“Saat kemarin, kawan-kawan kita dari laboratorium dan keswan kesnakes turun ke lapangan, salah satunya ke Lubuklinggau, karena disana merupakan perlintasan dari beberapa kabupaten kota dan provinsi. Tujuannya untuk mengambil sampel apakah memang ada, meskipun memang terdeteksi nanti akan kita kirim dulu ke laboratorium,” jelasnya

Diketahui, Pemerintah Provinsi Sumsel memberikan perhatian terhadap 10 ekor sapi milik peternak rumah tangga, di Kelurahan Margo Rejo, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau, yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Siang Anak Tiri Malam Sang Istri, Pria Ini Sampai Lupa Berapa Kali

BACA JUGA:Dua Anak di Palembang Nekat Bakar Rumah Ibu Kandung Sendiri

Ketika disinggung mengenai awal mula penyakit ini, Ruzuan mengungkapkan bahwa penyakit PMK merupakan virus langka yang telah 30 tahun tidak terdeteksi di Indonesia.

“Sebelum di Sumsel, di Aceh lebih dulu dan lebih banyak sapi yang terapapar penyakit itu, namun untuk awal mula penyakit ini belum diketahui pasti,” jelasnya.

Lanjut Ruzuan, penyakit tersebut hanya mempengaruhi kualitas daging hewan, dan tidak tidak menular ke manusia apalagi sampai menyebabkan kematian bagi orang yang mengkonsumsinya.

“Saya imbau untuk peternak sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang sapi, peternakannya, dan terus mengecek serta mengontrol kesehatan hewannya,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah  tayang di Sumeks.co dengan Judul: PMK Hewan, Dinas Peternakan Tegaskan tak Menular ke Manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: