Erick Thohir Tugaskan PTPN Untuk Wujudkan Swasembada Gula di 2024

Erick Thohir Tugaskan PTPN Untuk Wujudkan Swasembada Gula di 2024

Menteri BUMN Erick saat berkunjung ke Lamping. Erick Thohir berharap Indonesia bisa swasembada gula. Foto : ANTARA--

BANDAR LAMPUNG,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menteri BUMN Erick Thohir berharap Indonesia bisa swasembada gula pada 2024.
 
Hal ini disampaikan Erick kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Erick menaruh harapan besar dan menugaskan PTPN agar bisa  mewujudkan swasembada gula pada 2024.
 
Dikatakan Erick bahwa dirinya sudah berdiskusi bersama jajaran direksi PTPN holding. Dan dia mengaku bahwa PTPN menyanggupi hal ini.
 
 
 
"Saya sudah mendiskusikan harapan saya ini kepada jajaran direksi PTPN holding. Manajemen menyatakan sanggup. Kami yakin bisa terjadi karena potensi ini sangat besar," ujar Erick Thohir, Selasa 10 Mei 2022.
 
Dikatakan Erick bahwa dirinya sudah menugaskan PTPN agar melibatkan petani tebu untuk mewujudkan swasembada gula pasir tersebut.
 
Dikatakannya bahwa keterlibatan petani tebu dalam mewujudkan swasembada gula putih bisa dilakukan. Caranya dengan menggunakan pola kemitraan.
 
"Keterlibatan petani tebu menjadi salah satu bagian penting untuk mewujudkan misi pemerintah guna membantu menjaga kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
 
Sebab menurutnya, pola kemitraan dinilai menjadi pola yang paling menguntungkan petani.
 
"Sebagai BUMN harus berjalan harmonis dengan lingkungan, terutama bagi petani. Para petani di lapangan juga harus diberi advokasi sehingga mendapat nilai tambah. Intinya PTPN harus memberdayakan petani pada setiap lini bisnisnya,” terangnya.
 
Direktur Utama PTPN Holding Muhammad Abdul Ghani menyatakan siap mewujudkan swasembada gula secara nasional.
 
Wujud kesiapan itu di antaranya melalui pembentukan perusahaan subholding PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) yang akan terfokus mengurus industri gula.
 
 
 
"PTPN Grup mengelola lebih dari 50 ribu hektare tanaman tebu di beberapa anak perusahaan," sebutnya.
 
Pada musim giling tahun ini saja, PTPN menargetkan 1,1 juta ton produksi gula konsumsi seperti dikutip dari jpnn.com.
 
"Secara bertahap kami akan pacu terus sehingga produksi gula konsumsi PTPN VII mampu memenuhi 70 persen kebutuhan nasional," ujarnya. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: