Presiden Jokowi-PM Jepang Fumio Kishida Sepakat, Negara Harus Hormati Kedaulatan Negara Lain

Presiden Jokowi-PM Jepang Fumio Kishida Sepakat, Negara Harus Hormati Kedaulatan Negara Lain

PM Jepang Fumio Kishida-setkab.go.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya semua negara menghormati kedaulatan dan integritas wilayah negara lain secara konsisten.

“Saya menekankan ajakan Indonesia agar semua negara menghormati kedaulatan dan integritas wilayah negara lain secara konsisten. Perang Ukraina harus segera dihentikan dan kita bersepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif agar perundingan dan solusi damai dapat segera tercapai,” ujar Presiden Jokowi, dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, Jumat 29 April 2022.

Selain itu, PM Jepang Fumio Kishida menyatakan dukungannya, terhadap Presidensi G20 Indonesia. Kegiatan ini seperti diketahui mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Hal tersebut disampaikan PM Kishida dalam pernyataan pers bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Bara.

BACA JUGA:7 Tips Bikin Berat Badan Turun Tanpa Perlu Minum Obat

BACA JUGA:Menkes Sebut Indonesia Kekurangan Dokter, Segini Angkanya

Kata Kishida, G20 tahun ini, Indonesia memegang presidensi G20 dan bertema “Recover Together, Recover Stronger” dan telah ditetapkan isu prioritas seperti digital transisi energi dan kesehatan.

Dia pun mengatakan, bahwa negara Jepang mendukung kegiatan ini dan kerja sama sebaik mungkin supaya G20 meraih kesuksesan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin antara lain membahasa mengenai isu kawasan dan global, khususnya mengenai konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia.

Kishida mengakui, bahwa mereka memiliki satu pemahaman bahwa serangan militer ke Ukraina tidak dapat diterima. "Di daerah mana pun, kedaulatan dan integritas teritorial tidak boleh diganggu oleh kekuatan militer maupun intimidasi,” PM Jepang menegaskan.

BACA JUGA:Aprilia Racing Optimis Pada MotoGP 2022 di Spanyol

BACA JUGA:Bazaar Ramadan Asian Agri Bantu Warga Dapatkan Migor dengan Harga Terjangkau

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa sejauh ini dirinya telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah pemimpin dunia mengenai perang ini. 

Presiden menekankan bahwa perang harus segera dihentikan dan solusi damai harus segera dicapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: