Cek Temuan Goa di Simpang Narso  

Cek Temuan Goa di Simpang Narso   

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SAROLANGUN - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Sarolangun mengungkapkan, beberapa waktu lalu salah satu staff bersama warga desa Simpang Narso kecamatan Batangasai, mengecek goa yang baru saja ditemukan oleh warga desa Simpang Narso.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarolangun, Idrus mengatakan, pihaknya bersama warga meninjau goa yang baru saja ditemukan sekitar satu bulan lalu.

"Pak Yet (pemandu wisata) melapor ke saya, ada Goa di Simpang Narso. Baru tahun ini ditemukan, dalam bulan inilah, dia berkunjung ke sana," kata Idrus, Minggu (11/7).

Lanjutnya, pemandu wisata tersebut bersama masyarakat mengecek ke lokasi keberadaan goa yang dinamakan warga Goa Gunung Pesuk.

"Menurut pengakuanya dan masyarakat Simpang Narso, Goa Gunung Pesuk diperkirakan mencapai ratusan meter. Saya dengar di dalam goa bagian atas berwarna keemasan," ungkap Idrus.

Namun, Idrus menambahkan, tidak dapat memaparkan secara detail. Sebab belum dilakukan penelitian terhadap penemuan warga tersebut.

Menindaklanjuti temuan Goa Gunung Pesuk, sudah dilaporkan kepada pihak Balai Arkeologi Sumatera Selatan, Palembang.

"Mereka nanti akan menjadwalkan untuk turun ke lokasi tersebut, dalam waktu dekat. Kita belum bisa banyak bicara, karena belum diteliti oleh para ahlinya," ungkapnya.

Menurutnya, beberapa tempat di Kabupaten Sarolangun tidak semuanya telah terjamah oleh tangan-tangan manusia.

"Tempat- tempat kita ini mungkin tidak semua dijamah oleh orang, namun bisa saja itu goa yang di buat pada zaman penjajahan. Itu yang harus diteliti," pungkasnya (cr01/enn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: