8 Rekomendasi KPAI terkait Vaksinasi Anak, Poin 5 Ortu dan Guru Harus Tahu

8 Rekomendasi KPAI terkait Vaksinasi Anak, Poin 5 Ortu dan Guru Harus Tahu

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyampaikan, orang tua murid sangat antusias dengan program vaksinasi bagi anak-anak usia 12 sampai 17 tahun.

Dari pengawasan yang dilakukan KPAI di DKI Jakarta, nyaris tidak ada penolakan vaksin anak di sejumlah sekolah yang didatangi. Bahkan kehadiran peserta didik yang akan divaksin mencapai 80 persen.

"Kalaupun tidak hadir lebih dikarenakan kondisi kesehatan anak. Ada juga yang hadir, tetapi saat di-screening sedang dalam kondisi tidak bisa divaksin," kata Retno di Jakarta, Selasa (13/7).

Memang, lanjutnya, perlu kejujuran orang tua terkait kondisi kesehatan anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dia menyebutkan KPAI telah mengeluarkan delapan rekomendasi terkait vaksinasi anak-anak:

1. Penguatan ketahanan keluarga untuk melindungi anak-anak, karena tingginya klaster keluarga.

Orang dewasa di sekitar anak seharusnya mematuhi protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan ke anggota keluarganya, terutama anak-anak;

2. Penguatan 3T (tracing, testing dan treatment) yang secara signifikan dapat dijadikan indikator pencegahan penanganan dini anak-anak yang terinfeksi Covid-19.

Ketika skema 3T pada orang dewasa saja masih belum memadai, maka kasus Covid-19 pada anak menjadi lambat terdeteksi.

3. Lengkapi imunisasi dasar untuk balita dan anak-anak, karena program imunisasi pada anak menurun selama pandemi, sehingga bisa memicu wabah lainnya.

Program pemerintah Indonesia dalam pembangunan kesehatan bukan masalah Covid-19 saja, tetapi program rutin lain terkait anak tidak boleh diabaikan.

4. Keterbukaan data anak-anak yang terkonfirmasi Covid-19 atau data terpilah khusus anak terkonfirmasi Covid-19 dapat diakses publik, sehingga memberikan informasi realtime yang dapat dijadikan dasar kebijakan yang jelas dalam penanganan anak-anak yang terinfeksi Covid-19;

5. Percepatan program vaksinasi anak usia 12-17 tahun, agar tidak terjadi insiden pascavaksin, maka pihak sekolah harus mengingatkan kepada orang tua maupun peserta didik untuk jujur pada kondisi anaknya yang kurang baik atau kurang sehat agar mengatakan sejujurnya kepada petugas kesehatan ketika akan divaksin.

6. KPAI menyampaikan apresiasi penundaan PTM di sejumlah daerah karena lonjakan kasus Covid-19 dan angka positivity rate yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: