Inilah 7 Manfaat Kesehatan dari Air Kelapa, Ada Juga Larangannya Lho!

Inilah 7 Manfaat Kesehatan dari Air Kelapa, Ada Juga Larangannya Lho!

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Air kelapa terbuat dari cairan bening dalam kelapa hijau. Berbeda dengan santan, yang terbuat dari air dan daging di dalam kelapa tua. Lebih dari 95 persen air kelapa adalah air.

Dalam pengobatan tradisional Ayurveda, air kelapa dipercaya dapat membantu pencernaan, buang air kecil, bahkan produksi air mani.

Ini juga secara tradisional telah digunakan untuk mengobati dehidrasi dan diberikan sebagai hadiah seremonial di seluruh daerah tropis.

Meskipun mungkin bukan obat ajaib, air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dalam ulasan kali ini, mari kita bahas tentang banyaknya manfaat air kelapa, seperti dilansir dari medicalnewstoday:

1. Minuman olahraga alami
Elektrolit alami air kelapa sangat cocok untuk minuman olahraga tradisional, seperti Gatorade.

Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan, banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman kinerja yang lebih alami.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa bisa berfungsi sebaik minuman olahraga tradisional untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan setelah berlari.

Namun, air kelapa memiliki lebih sedikit natrium, elektrolit utama yang hilang dengan keringat, dari kebanyakan minuman olahraga lainnya.

Minum air kelapa cukup untuk latihan yang lama (lebih dari 90 menit), tetapi ini akan membantu Anda rehidrasi sesudahnya.

Sementara air kelapa tidak membantu Anda rehidrasi lebih baik daripada air atau minuman olahraga tradisional setelah berolahraga, sebuah penelitian menemukan bahwa lebih mudah untuk minum cukup tanpa menyebabkan mual atau sakit perut .

Para peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa dengan tambahan gula karena mereka mencegah hidrasi yang tepat dan menambah kalori yang tidak perlu.

2. Rendah kalori
Dengan hanya 45 kalori dalam cangkir, air kelapa merupakan pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus. Air kelapa juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit, seperti natrium dan kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: