Adu Penalti, Liverpool Kalahkan Leicester City dan Melaju ke Semifinal Piala Liga

Adu Penalti, Liverpool Kalahkan Leicester City dan Melaju ke Semifinal Piala Liga

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Liverpool (The Reds) berhasil menyingkirkan Leicester City dari Piala Liga (Carabao Cup), dalam drama adu penalti 5-4, yang berlangsung di Anfield Stadium, Kamis (23/12/2021) dini hari WIB.

Bermain di hadapan pendukungnya, The Reds -julukan Liverpool- yang memainkan banyak pemain muda kesulitan untuk menahan gempuran The Foxes -julukan Leicester- di babak pertama. Namun, Liverpool mampu bangkit di babak kedua. Mereka menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Leicester langsung unggul cepat pada menit kesembilan melalui tendangan kaki kanan Jamie Vardy yang memanfaatkan assist James Maddison.

Maddison memberikan umpan terobosan setelah melihat Vardy yang bergerak ke sisi kanan. Tanpa melakukan kontrol, Vardy yang lolos dari perangkap offside melepaskan tembakan ke tiang jauh tanpa bisa diantisipasi kiper Caoimhin Kelleher.

Vardy tidak membutuhkan waktu lama guna mencetak gol kedua dalam laga itu. Empat menit setelah gol pertama, Vardy membawa The Foxes unggul 2-0 pada menit ke-13.

Kali ini yang jadi pengumpan gol Vardy adalah Patson Daka. Daka dan Vardy memanfaatkan pertahanan Liverpool yang kosong. Karena itu, umpan mendatar Daka tidak sulit diselesaikan Vardy jadi gol.

Liverpool memberikan respons yang baik pada menit ke-19 melalui gol Alex Oxlade-Chamberlain. Setelah mendapat operan Roberto Firmino dari dalam kotak penalti, Chamberlain tidak membuang peluang itu dengan melepaskan tembakan keras kaki kanan.

Hanya saja, upaya The Reds menyamakan skor kandas setelah James Maddison mencetak gol ketiga bagi Leicester pada pertandingan itu. Setelah mengecoh Chamberlain, Maddison melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-33.

Setelah itu, Liverpool terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Mereka mendapatkan beberapa peluang namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka tidak bisa menciptakan gol hingga turun minum. Alhasil, skor 3-1 tersebut mengakhiri babak pertama.

Keadaan tidak jauh berbeda pada awal babak kedua, Leicester tetap menekan Liverpool, bahkan nyaris menorehkan gol keempat melalui Dewsbury-Hall. Beruntung bagi The Reds, Kelleher mampu menepis tendangan Hall yang menghujam dengan keras ke arahnya.

Jurgen Klopp, pelatih The Reds kemudian merubah strategi. Ia memasukkan Diogo Jota. Strateginya itu pun berbuah keberhasilan setelah pada menit 68, pemain asal Portugal itu sukses menjebol gawang tim tamu. Jota melesatkan tendangan dari jarak dekat yang tidak bisa dihalau Schmeichel usai mendapat umpan dari Takumi Minamino.

Pada menit 72, Kostas Tsimikas dua kali menembakkan tendangan voli usai mendapatkan bola liar dari tendangan sudut. Sialnya, kedua sepakannya itu selalu dibendung oleh Jannik Vestergaard.

Sepuluh menit kemudian, Naby Keita mengirimkan umpan ke kotak penalti dan disambut oleh tandukan Jota. Sialnya, Schmeichel berdiri di posisi yang tepat sehingga bisa menepis bola dengan mudah.

Saat laga terlihat akan berakhir untuk kekalahan Liverpool, tiba-tiba Minamino mencetak gol untuk menyamakan kedudukan pada menit 90+5. Alhasil, laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Jalannya Adu Penalti

Pada babak adu penalti, Youri Tielemans dari Leicester dan James Milner dari Liverpool sukses melakukan tugasnya dengan baik. Lalu, Maddison dan Firmino juga berhasil mencetak gol.

Kemudian, Marc Albrighton dan Chamberlain juga mampu mengeksekusi penalti tanpa kesalahan sebagai penendang ketiga. Namun, Luke Thomas yang ditunjuk sebagai penendang keempat Leicester gagal melakukan penalti usai tendangannya berhasil ditepis Kelleher, sementara Naby Keita justru sukses mencetak gol dan membawa The Reds unggul 4-3.

Namun demikian ternyata tak semudah itu Liverpool mengalahkan Leicester, setelah Kelechi Iheanacho berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4, Minamino justru gagal menjadi pahlawan bagi The Reds karena tendangannya membentur mistar gawang.

Beruntung, Ryan Bertrand juga gagal dan Diogo Jota pun menutup pertandingan dengan golnya sebagai penendang terakhir sehingga Liverpool menang dengan skor 5-4 pada babak adu penalti.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Leicester City:

Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Conor Bradley, Joe Gomez, Billy Koumetio, Kostantinos Tsimikas; Jordan Henderson, Tyler Morton, Alex Oxlade-Chamberlain; Takumi Minamino, Roberto Firmino, Neco Williams.

Cadangan: Owen Beck, Marcelo, Max Woltman, Kaide Gordon, James Milner, Naby Keita, Ibrahima Konate, Jarell Quansah, Diogo Jota.

Leicester City (4-2-3-1): Kasper Schmeichel; Ricardo Pereira, Caglar Soyuncu, Boubakary Soumare, Luke Thomas; Youri Tielemans, Wilfred Ndidi; James Maddison, Kiernan Dewsbur y-Hall, Patson Daka; Jamie Vardy.

Cadangan: Kelechi Iheanacho, Ben Nelson, Ryan Bertrand, Jakub Stolarczyk, Ademola Lookman, Jannik Vestergaard, Marc Albrighton, Nampalys Mendy, Ayoze Perez. (git/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: