Silahkan Coba! 5 Cara Hemat Paket Data Setiap Hari yang Efektif dan Efisien

Silahkan Coba! 5 Cara Hemat Paket Data Setiap Hari yang Efektif dan Efisien

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Meskipun sudah masuk ke daftar anggaran bulanan, namun paket data internet bukanlah hal yang murah untuk dibeli. Apalagi jika Anda sering menggunakan internet tanpa memiliki akses terhadap Wi-Fi. Inilah alasan mengapa banyak orang yang berusaha menghemat pemakaian paket data seminimal mungkin. Untungnya, ada banyak cara hemat paket data yang bisa dilakukan untuk meminimalisir pemakaian data internet setiap hari.

5 Cara Hemat Paket Data Setiap Hari yang Efektif dan Efisien

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghemat paket data secara efektif dan efisien:

  1. Batasi Penggunaan Data Background

Tanpa disadari, ada banyak sekali aplikasi yang berjalan sebagai background di smartphone Anda. Mulai dari Facebook, Instagram, WhatsApp, hingga aplikasi game. Penggunaan data background ternyata menjadi salah satu penyebab ponsel menjadi boros kuota.

Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan membatasi penggunaan data background. Caranya adalah dengan membuka menu ‘Setting’, lalu pilih ‘Data Usage’. Sederet aplikasi pun akan muncul. Klik aplikasi yang ingin Anda batasi, lalu pilih ‘Restrict app background data’.

  1. Batasi update Aplikasi

Terkadang, ada beberapa aplikasi yang melakukan pembaruan secara otomatis menggunakan kuota internet yang Anda miliki. Tanpa disadari, update aplikasi secara otomatis yang dilakukan oleh Play Store inilah yang menjadi penyebab kuota data Anda cepat habis.

Untungnya, cara membatasi update aplikasi sangat mudah dilakukan. Pertama, buka aplikasi Play Store, lalu pilih menu ‘Setting’ dan Klik ‘Auto update apps’. Untuk menghindari update aplikasi otomatis, pilih ‘Over Wi-Fi only’ atau ‘Don’t auto-update apps’.

  1. Hindari Unduh Media Otomatis

Pada aplikasi chatting atau perpesanan, kita tentu sering mendapatkan kiriman media berupa gambar maupun video. Jika aplikasi tersebut berada pada mode unduh media otomatis, maka setiap gambar dan video yang diterima dari aplikasi chatting tersebut akan diunduh secara otomatis. Hal ini tentu saja akan menyedot banyak kuota. Oleh karena itu, sebaiknya hindari unduh media otomatis. Selain hemat kota, menonaktifkan unduh media otomatis juga akan menghemat penggunaan memori.

  1. Pasang Batas Penggunaan Data Setiap Bulan

Cara menghemat paket data yang bisa dilakukan selanjutnya bisa dilakukan dengan memasang batas penggunaan data internet setiap bulan. Cara melakukan hal ini pun sederhana, yaitu diawali dengan mengecek pemakaian internet di menu ‘Setting’ dan pilih ‘Connections’.

Selanjutnya, akan ditampilkan data mengenai jumlah pemakaian data internet. Melalui data ini, Anda bisa memperkirakan berapa data internet yang dibutuhkan dalam kurun waktu satu bulan. Jika sudah memastikannya, silahkan klik ‘Set mobile data limit’ atau ‘Limit mobile data usage’.

  1. Aktifkan Fitur Hemat Data di Chrome

Bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi Google Chrome untuk browsing atau keperluan lainnya, ada baiknya untuk mengaktifkan hemat data di aplikasi tersebut. Pasalnya, browsing di aplikasi ini juga bisa menyedot banyak paket data.

Kabar baiknya, Chrome ternyata memiliki fitur hemat data yang akan membantu memperkecil data internet pada setiap laman yang Anda kunjungi. Lantas, bagaimana caranya? Pertama, buka aplikasi ‘Chrome’, kemudian klik titik tiga yang posisinya ada di kanan atas. Selanjutnya, klik ‘Setting’ dan pilih ‘Lite Mode’. Untuk mengaktifkan fitur hemat data, pilih ‘On’.

Itu dia beberapa cara hemat paket data yang bisa Anda lakukan. Selain melakukan hal di atas, menghemat uang untuk keperluan data internet juga bisa dilakukan dengan cara membeli kuota data melalui aplikasi beli pulsa yang menawarkan harga lebih terjangkau. Nah, salah satu aplikasi yang menawarkan layanan isi pulsa dan beli paket data adalah Flip.

Flip dikenal sebagai aplikasi transfer uang gratis yang sudah digunakan oleh jutaan orang di Indonesia. Saat ini, Flip juga menawarkan layanan beli pulsa dan paket data dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membelinya di konter. Selain itu, Anda juga bisa membeli token listrik PLN di Flip. Sangat lengkap bukan layanannya? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: