Tahun Ini, Pemprov Jambi Usul 150 Kuota untuk PPPK

Tahun Ini, Pemprov Jambi Usul 150 Kuota untuk PPPK

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Kabar baik untuk masyarakat Provinsi Jambi yang akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, tahun ini Pemprov Jambi mengusulkan 150 kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Pahari mengatakan, kuota tersebut diusulkan ke Kemen PAN RB, di antara yakni formasi guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

"Ini sesuai dengan surat Kemen PAN RB, kita diminta untuk mengusulkan PPPK. Itu kita usulkan 150 pegawai," kata dia, Selasa (4/1). Kata dia, dari jumlah total usulan yang diajukan, terbanyak ada di formasi guru. Di antaranya yakni 103 orang untuk guru, lalu 20 orang tenaga kesehatan dan 27 penyuluh pertanian.

"Memang paling banyak itu guru. Karena dari Dapodik juga guru sedang dibutuhkan," tambahnya. Sementara itu mengenai anggaran pelaksanaan tes dari PPPK itu sendiri, Pahari mengatakan pemerintah pusat melimpahkannya ke anggaran daerah.

Untuk anggaran tes PPPK ini sendiri, ia mengungkapkan Pemprov Jambi telah siapkan anggaran Rp 1,2 miliar. "Itu baru biaya tes ya. Belum gaji. Untuk gaji akan dianggarkan pada 2023. Sedangkan untuk tes sendiri itu per orangnya memakan sekitar Rp 400 ribu dan dikalikan tiga formasi nantinya," jelasnya.

Sementara, untuk pelaksanaannya sendiri belum diketahui secara pasti, pasalnya ini masih menunggu hasil evaluasi dari Kemen PAN RB.  Pahari pun memperkirakan pembukaan pendaftaran akan dibuka pada pertengahan Agustus mendatang. "Jadi saat ini masih proses pengusulan. Nantinya kita tunggu dari pusat penjadwalan tes menurut formasi," tandasnya. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: