Berharap TPAKD Pulihkan Ekonomi Daerah

Sabtu 11-09-2021,09:11 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUAROJAMBI - Bertempat di Sumatera Room Meeting, Ratu Hotel, Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah, melantik Tim Percepatam Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Muaro Jambi. Tim TPAKD diharapkan mampu bekerja dan bersinergi untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

"Dengan dikukuhkannya tim TPKAD, harapan saya bisa berkesinambungan untuk kemajuan perekonomian masyarakat Kabupaten Muaro Jambi, masyarakat ekonomi menengah ke bawah, dan lain-lain. Dalam situasi Covid ini kan perekonomian dan keuangan kita mengalami penurunan. Kita tetap optimis adanya tim ini bisa mencarikan solusi setiap permasalahan,” kata Bupati Masnah.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi, Suti Masniari menjelaskan, kinerja TPKAD ini sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi, agar UMKM dan pelaku dunia usaha memiliki akses ke sektor jasa keuangan.

"TPAKD ini sangat dibutuhkan untuk pemulihan ekonomi. Terutama untuk UMKM dan dunia usaha, ketika ingin berkembang tentunya harus terhubung dengan akses keuangan. Ketika UMKM dan dunia usaha sudah punya akses ke sektor jasa keuangan, tentunya mereka akan mudah mengembangkan usahanya, mudah untuk bertransaksi, menyerap tenaga kerja, melebarkan lagi usahanya. Itu akan berdampak pada perekonomian daerah dan akan mendorong perekonomian masyarakat. Itu yang kita harapkan,” terangnya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata juga berharap, TPAKD Muaro Jambi yang baru dibentuk ini bisa bekerjasama dan berkoordinasi untuk membentuk program kerja yang bisa membantu percepatan akses keuangan di daerah.

Yudha juga menjelaskan, ada empat program utama yang harus dibentuk. Optimalisasi produk dan layanan keuangan, Peningkatan literasi keuangan, Insfrastruktur TPAKD, dan Pendampingan.

Empat program utama adalah terkait prioritas optimalisasi produk dan layanan keuangan yang ditawarkan. Seperti pinjaman-pinjaman KUR dan produk layanan keuangan lainnya. Kedua terkait dengan peningkatan literasi keuangan, dimana nanti masyarakat Muaro Jambi bisa meningkat keuangannya.

Ketiga, terkait dengan infrastruktur dari TPAKD itu sendiri. Contohnya pembentukan BUMDes-BUMDes. Diharapkan BUMDes ini bisa meningkatkan percepatan akses di daerah. Terakhir, keempat adalah pendampingan. “Pendampingan ini dilakukan bisa berkoordinasi dengan BI nantinya agar UMKM dan pelaku usaha bisa bersaing di tingkat nasional,” tandasnya. (jun)

Tags :
Kategori :

Terkait