BKSDA Akan Dilepasliarkan Buaya ke Habitat

Rabu 29-09-2021,09:54 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARABULIAN,JAMBI – Sebanyak 7 ekor buaya berhasil dievakuasi petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi dari kolam penangkaran warga Desa Kebon 9, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi. Buaya ini dievakuasi ke penangkaran di Batanghari karena penangkaran lama tidak terawat.

Menjelasng dilepasliarkan, tujuh ekor buaya berukuran besar itu dievakuasi ke tempat penangkaran Wiman Jaya, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Muarabulian, Batanghari. Ini dikatakan Kepala Resort Kota Jambi dan Muarojambi, BKSDA Jambi, Endang Sunandar.

Buaya jenis Muara dan Senyulong tersebut dievakuasi ke tempat penangkaran, lantaran dinilai lebih aman untuk dititipkan sementara waktu jelang dipindahkan ke habitat aslinya. “BKSDA masih melakukan proses evakuasi,” jelasnya.  

Menurut Endang, ada sekitar 20 sampai 25 ekor lebih buaya yang harus di evakuasi dari tempat penangkaran di Desa Kebon 9, Muarojambi. Selain perlu dilakukan perbaikan, lantaran dinilai sudah lama tidak terawat, penangkaran tersebut juga dekat dengan pemukiman warga. “Untuk menghindari terjadinya konflik antara buaya dan penduduk setempat,” tandasnya. (sub/ira)

Tags :
Kategori :

Terkait