Hiponatremi: Kondisi Keseimbangan Elektrolit yang Berbahaya

Sabtu 26-10-2024,10:30 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Hiponatremi adalah kondisi medis di mana kadar natrium dalam darah berada di bawah batas normal, yaitu kurang dari 135 mEq/L.

Natrium merupakan elektrolit penting yang membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel tubuh. Ketidakseimbangan natrium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Hiponatremi sering kali terjadi akibat asupan cairan berlebihan atau gangguan fungsi tubuh yang menyebabkan natrium dikeluarkan secara berlebihan.

Penyebab Hiponatremi

1. Konsumsi Air Berlebihan

Minum air dalam jumlah yang terlalu banyak dalam waktu singkat dapat mencairkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga memicu hiponatremi.

Kondisi ini sering terjadi pada atlet yang mengonsumsi banyak air tanpa asupan elektrolit yang memadai setelah aktivitas fisik intens.

BACA JUGA:Komunitas Bundo Kanduang Minang Kabau Nyatakan Dukung H Abdul Rahman di Pilwako Jambi 2024

BACA JUGA:Turnamen Badminton Kabupaten Muaro Jambi Resmi Dibuka oleh Penjabat Bupati

2. Penggunaan Obat-Obatan

Beberapa obat seperti diuretik, antidepresan, dan obat penghilang rasa sakit dapat memicu pengeluaran natrium berlebih dari tubuh atau mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

3. Kondisi Medis

Penyakit seperti gagal jantung, gangguan ginjal, sindrom nefrotik, atau sirosis hati dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, sehingga menurunkan konsentrasi natrium.

4. Sindrom ADH Tak Terkendali

Peningkatan produksi hormon antidiuretik (ADH) yang tidak normal dapat menyebabkan retensi cairan dan mengurangi kadar natrium dalam darah.

Kategori :