Tak Hanya Wortel, Ini Deretan Makanan yang Ampuh Jaga Kesehatan Mata!

Kamis 17-10-2024,10:25 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Andrea Surya Anugrah, seorang pakar kesehatan mata yang juga dosen di President University, menyampaikan bahwa makanan yang baik untuk kesehatan mata tidak terbatas pada wortel saja. 

"Ini penting sekali untuk para orang tua ketahui, makanan dan sayuran yang baik untuk kesehatan mata itu bukan hanya wortel," ungkap Andrea dalam acara temuwicara daring bertajuk "Kasus Rabun Jauh Pada Anak Meningkat, Apakah Bisa Diobati?" pada Rabu.

Dia menjelaskan bahwa sayuran hijau juga memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan mata, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Sayuran seperti kangkung, bayam, kale, dan collard diketahui kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat membantu mencegah gangguan penglihatan.

Selain itu, Andrea juga menambahkan bahwa buah-buahan berkhasiat meningkatkan kesehatan mata, terutama buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, dan grapefruit. Vitamin C dari buah-buahan tersebut dipercaya membantu proses pembentukan dan pemeliharaan jaringan ikat, termasuk kolagen pada kornea mata.

BACA JUGA:Ini Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa untuk Kulit Sensitif yang Wajib Kamu Tahu

BACA JUGA:Penyebab Maag: Kenali Faktor-Faktor yang Memicu Penyakit Lambung Ini

“Jangan lupakan juga buah-buahan, karena vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan mata,” tambahnya.

Selain wortel yang sudah lama dikenal baik untuk kesehatan mata, berbagai jenis makanan lainnya seperti kacang-kacangan, daging merah, dan ikan juga memberikan manfaat yang signifikan.

"Omega 3 yang ada di telur dan ikan, terutama ikan seperti salmon dan kembung, sangat bermanfaat. Begitu juga dengan daging merah dan kacang-kacangan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata," jelasnya.

Andrea menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu hanya berfokus pada wortel untuk menjaga kesehatan mata anak-anak mereka. Konsumsi berbagai sayuran dan buah-buahan sesuai kebutuhan sehari-hari juga dapat memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan mata anak.

 

Kategori :