Pjs. Gubernur Jambi Dorong Inovasi Penelitian Peternakan demi Kemandirian Pangan

Rabu 16-10-2024,19:01 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, SH., MH., menyampaikan bahwa penelitian dan seminar hasil riset yang dilakukan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jambi sangat relevan dengan prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi, khususnya dalam hal ketahanan dan kemandirian pangan. 

Hal ini disampaikan oleh Sudirman pada Seminar Nasional VI mengenai Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Fakultas Peternakan Universitas Jambi, bertempat di Yello Hotel Jambi, Rabu 16 Oktober 2024.

"Penelitian yang dilakukan Fakultas Peternakan Universitas Jambi diharapkan dapat diimplementasikan guna meningkatkan kualitas, produktivitas, serta ketersediaan ternak di Provinsi Jambi. Ini juga diharapkan dapat memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para peternak di daerah ini," tutur Pjs. Gubernur Sudirman.

Menurut Pjs. Gubernur, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan dukungan penuh terhadap upaya pengembangan sektor peternakan. Sebagai bagian dari Visi Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional, salah satu fokus utama pembangunan adalah pengembangan sektor pertanian, ketahanan pangan, kelautan, dan perikanan. Keberhasilan pembangunan ini sangat ditunjang oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, di mana riset berperan krusial.

BACA JUGA:Webinar Jantung dalam Rangka HUT KESAD ke-79 di RS TK III 02.06.01 dr. Bratanata Jambi

BACA JUGA:Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Jambi Tahap II TA 2024

"Saya berharap agar Fakultas Peternakan Universitas Jambi terus meningkatkan riset, baik secara mandiri maupun melalui kerja sama dengan pihak dalam maupun luar negeri. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan penting bagi pemerintah dalam meningkatkan ketersediaan ternak, daging, telur, dan susu yang berkualitas dan sehat. Ini akan berdampak positif pada kesehatan masyarakat, perekonomian daerah, serta pengendalian inflasi pangan," tambahnya.

Selain itu, Pjs. Gubernur menekankan bahwa subsektor peternakan memainkan peran penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan pembukaan lapangan kerja.

 "Peternakan tidak hanya berkaitan dengan ekonomi, tetapi juga dengan kesehatan masyarakat melalui asupan protein dari daging, telur, dan susu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan," jelasnya.

Pjs. Gubernur Sudirman juga mengapresiasi Fakultas Peternakan Universitas Jambi atas kontribusi mereka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Terima kasih saya sampaikan kepada Rektor Universitas Jambi, Dekan Fakultas Peternakan, serta seluruh pihak terkait atas penelitian yang dilakukan. Seminar ini adalah wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup riset dan pengabdian kepada masyarakat," tutupnya.

Kategori :