Karya Inovasi Produk Makanan Bergizi Antarkan Siswa Cerdas dari Sumatera Barat Raih Level Tertinggi AHM Best S

Kamis 10-10-2024,15:10 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

Jakarta, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID– Sejumlah siswa berprestasi di Tanah Air menyuguhkan Ide dan karya kreatif yang mengagumkan untuk menginisiasi perubahan di ajang Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 20024. Sebuah karya yang mengembangkan produk makanan untuk mencegah stunting dinobatkan sebagai juara pertama pada ajang adu gagasan bergengsi tahunan bagi siswa SMA sederajat ini.

Karya tersebut dipaparkan oleh Ihsani Salsa Widri dari SMA Negeri 2 Payakumbuh, Sumatera Barat. Ihsani mengemas ide kreatifnya dalam inovasi produk mie berbahan dasar buah labu dan dikombinasikan dengan abon lele yang penuh dengan gizi serta tidak menggunakan bahan pengawet. Karya inovasi ini, selaras dengan program global Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Zero Hunger. Dirinya ditetapkan siswa terbaik pada ajang lomba yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM).

AHM Best Student merupakan ajang adu gagasan inovasi dan kreativitas remaja berprestasi dengan topik utama kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan bangsa.  Selain Ihsani, AHM Best Student yang tahun ini mengusung tema “Muda Berkarya Majukan Bangsa” juga menetapkan Habibi Saqli Azmy yang berasal dari SMA Unggul CT Foundation, Sumatera Utara sebagai pemenang kedua dengan karya “EcoZap: Semir Serbaguna dari Limbah Dedaunan”. Peserta dari SMA Negeri 1 Purbolinggo, Lampung yakni Isfi Aliya Dzikra berhasil menjadi pemenang ketiga dengan karya “Pengolahan MANTAN (Manukans’ Natural Desinfectant)” yang bermanfaat bagi kesehatan hewan ternak.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan untuk karya inovasi saya. AHM Best Student menjadi ajang yang tepat bagi para pelajar untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa melalui sebuah kreativitas anak muda. Saya berharap hasil karya saya ini dapat bermanfaat dan terus akan saya kembangkan untuk mendapatkan hasil yang kian maksimal” ujar Ihsani Salsa Widri sebagai pemenang AHM Best Stundet 2024.

BACA JUGA:Peraturan Daerah Lebih Efektif! Ini Pesan Penting dari Pjs Gubernur Jambi soal Harmonisasi

BACA JUGA:Tangan Diborgol, Tersangka Kasus Tewasnya Sopir Mobil Rental Asal Kualatungkal Tiba di Polda Jambi

Para pemenang ini mengalahkan 1.771 karya siswa SLTA dari 34 provinsi di seleksi regional yang kemudian berkompetisi dg 26 finalis di tingkat nasional. Penjurian AHM Best Student 2024 tingkat nasional dilakukan oleh para profesional yang berasal dari beragam Lembaga yakni Kementerian Perekonomian Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Wilayah DKI Jakarta, Astra International dan PPM School of Management. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident. Seleksi dilakukan tidak hanya pada karya yang diajukan tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill hingga kegiatan non akademik.

Inspirasi Alumni
Selain memaparkan ide dan karya preatifnya, peserta AHM Best Student tahun ini juga berkesempatan mengikuti experience sharing dengan senior mereka. AHM mengundang 2 alumni AHM Best Student untuk berbagi inspirasi ke para remaja yunior mereka. Tampil bersama, Mahendra Ega H. yang kini menjadi menjadi wirausahawan makanan sukses, dan Bram Swandika, Dokter Spesialis Orthopedi & Traumatologi menjadi pusat perhatian siswa berprestasi dari berbagai daerah ini. Sebagai alumni, mereka mengenang saat mereka mengikuti AHM Best Student 2007. Mereka juga berbagi kiat dan tips sukses yang berfondasikan pengabdian dan ketulusan berbagi membantu orang lain.

Pada gelaran AHM Best Student 2024, para peserta juga diajak melihat langsung proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM yang berada di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Peserta dapat melihat pengetahuan proses produksi sepeda motor Honda, mulai dari proses perakitan mesin hingga proses perakitan sepeda motor.

Melengkapi pengetahuan remaja berprestasi ini, AHM juga membekali mereka dengan edukasi keselamatan berkendara. Dengan materi utama memprediksi potensi bahaya di jalan raya, instruktur safety riding AHM menyampaikan materinya dengan cara yang menyenangkan. Remaja yang berusia rata-rata 17 tahun ini terlihat antusias mengikuti sesi belajar berkendara virtual menggunakan Honda Riding Trainer.

BACA JUGA:Polda Jambi Tangani Kasus Tewasnya Sopir Mobil Rental Asal Kualatungkal, Tersangka Dibawa ke Jambi

BACA JUGA:Polda Jambi Tangani Kasus Tewasnya Sopir Mobil Rental Asal Kualatungkal, Tersangka Dibawa ke Jambi

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan karya para peserta AHM Best Student ini memiliki kreativitas tinggi yang bisa menjadi embrio sebuah perbaikan dan perubahan yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan bangsa.

“AHM Best Student mengapresiasi karya-karya yang dibuat para remaja untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. Kami ingin menjadi bagian dari mereka yang menemani remaja dan generasi muda melahirkan inisiatif baru untuk sebuah perbaikan yang berkelanjutan,” ungkap Muhib.

AHM memberikan apresiasi 1 unit New Honda BeAT untuk juara pertama atau gold level dan beasiswa pendidikan dari AstraTech selama 3 tahun. Pemenang Silver level dan Bronze level mendapatkan hadiah beasiswa pendidikan sebesar Rp. 7.500.000, dan Rp. 5.000.000, sedangkan untuk pememang terfavorit mendapatkan hadiah Rp. 1.500.000. Bagi seluruh peserta finalis nasional mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan sebesar Rp. 1.000.000.

AHM Best Student 2024 mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan antara lain Yayasan Astra Honda Motor, FIFGroup, Astratech, Astra Graphia, Asuransi Astra, PT Hitachi Astemo Manufacturing Bekasi, PT Musahi Auto Parts Indonesia, PT Surayaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

Kategori :