Panduan Diet Sehat: Menurunkan Berat Badan dengan Tepat

Kamis 03-10-2024,11:59 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Diet adalah salah satu cara yang umum digunakan untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan tubuh.

Namun, penting untuk memahami bahwa diet yang sehat bukan hanya tentang mengurangi jumlah makanan, melainkan juga tentang memilih asupan nutrisi yang tepat dan seimbang.

Diet yang baik dapat membantu kita menurunkan berat badan secara aman dan mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa prinsip diet sehat yang bisa Anda terapkan.

• Mengatur Pola Makan yang Seimbang

Diet sehat selalu dimulai dengan memastikan bahwa tubuh mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Hal ini mencakup karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

BACA JUGA:Ini Rahasia Keselamatan Berkendara Ala Anak Muda di Seminar AHM ‘Slow Down, Life Up’

BACA JUGA:Ini Lokasi Penangkapan Pelaku Pembunuhan Kasus Mayat Wanita di Dalam Lemari

Karbohidrat bisa diperoleh dari biji-bijian utuh seperti nasi merah atau gandum. Sumber protein seperti ikan, ayam tanpa kulit, tahu, tempe, dan kacang-kacangan sangat baik untuk mendukung pertumbuhan otot dan pemulihan tubuh.

Jangan lupakan juga lemak sehat yang bisa didapatkan dari alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

• Memperhatikan Porsi Makan

Selain pemilihan jenis makanan, pengaturan porsi makan juga sangat penting dalam diet. Konsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi lebih sering (4-5 kali sehari) dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga metabolisme tubuh tetap stabil.

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap kali makan karena kandungan seratnya membantu menjaga perut kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan.

BACA JUGA:Jelang Pelantikan, Tim Pemenagan JADI Pelepat Ilir Diberikan Pembekalan

BACA JUGA:Profil Zuwanda, Sosok Pemuda Sungai Gelam Ikut Bursa Pilkada, Usung Program Ketahanan Pangan untuk Muaro Jambi

Kategori :