Ini Kronologi Wasit Dipukul Pemain di PON Aceh –Sumut 2024, Erick Thohir Langsung Beri Respon

Senin 16-09-2024,11:47 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

ACEH,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Pertandingan semifinal sepakbola di PON 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) mendapatkan banyak perhatian publik. Betapa tidak, hal ini karena wasit dipukul oleh pemain sepakbola hingga KO. 

Bahkan wasit laga tersebut harus dibawa ke rumah sakit karena pemukulan tersebut. Lalu, bagaimana sebenarnya kronologi pemukulan tersebut? Apa alasan pemian hingga memukul wasit tersebut?

Hal ini terjadi kala tim Aceh bertanding melawan Sulawesi Tengah (Sulteng) di Stadion Dimurthala, Banda Aceh. Awalnya pertandingan berlangsung biasa.

Sulteng berhasil unggul 1-0 atas Aceh pada menit ke-24. Aceh sebagai tuan rumah merespons untuk mengejar ketertinggalan.

Pertandingan mulai panas saat laga terhenti pada menit ke-38. Hal ini akibat oknum suporter yang emosi dan melemparkan botol air mineral ke dalam lapangan.

BACA JUGA:Hasil administrasi CPNS 2024 Belum Diterima? Berikut Penjelasannya

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuh, Ini 4 Alat Olahraga Simple yang Cocok untuk Workout di Rumah

Ini imbas cekcok pelatih Sulteng dan staf pelatih Aceh. Setelah situasi kondusif pertandingan bisa dilanjutkan kembali.

Pada menit ke-74 wasit Eko Agus Sugih Harto melakukan hal kontroversial. Ia mengusir pemain Sulteng Wahyu Alman dengan kartu kuning, yang merupakan kedua kalinya bagi Wahyu, yang berujung kartu merah.

Di menit ke-83 ia kembali mengeluarkan kartu merah untuk pemain Sulteng Moh Akbar yang dianggap melanggar pemain Aceh. Gara-gara kartu merah itu pemain dan ofisial Sulteng protes.

Setelahnya, pertandingan sempat terhenti gara-gara pemain Sulteng tak terima keputusan wasit itu. Tim Sulteng lalu terlihat tak serius melanjutkan pertandingan meski akhirnya kembali ke lapangan setelah diyakinkan pelatih.

Puncak kekacauan terjadi pada menit ke-97. Kala itu wasit mendapat pukulan dari pemain Sulteng Muhammad Rizki Saputra hingga terjatuh pada menit ke-97. Muhammad Rizki kemungkinan kesal karena wasit memberikan penalti untuk Aceh

Sang Wasit kemudian langsung mendapatkan perawatan medis di lapangan. Ia pun kemudian dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Di sisi lain penonton marah dan melemparkan botol air mineral ke dalam stadion. Sementara Rizki Saputra diusir wasit dengan kartu merah akibat aksinya meninju wasit.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuh, Ini 4 Alat Olahraga Simple yang Cocok untuk Workout di Rumah

Kategori :