SKK Migas PetroChina Bersama SatPol PP-Damkar Tanjab Timur Gelar Sosialisasi Pembentukan Redkar

Kamis 22-08-2024,14:32 WIB
Reporter : Harpandi
Editor : Edo Adri

MUARASABAK - JAMBI-INDEPENDENT -  Musibah kebakaran menjadi salah satu ancaman dan menjadi perhatian bersama antara SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd dan SatPol PP-Damkar kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dan juga penanganan sejak dini jika suatu saat terjadi bencana kebakaran, pihak PetroChina International Jabung Ltd bekerjasama dengan Bidang Pemadam Kebakaran Pol PP-Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar sosialisasi pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), yang bersumber dari dana CSR melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Kamis 22 Agustus 2024.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Camat Geragai, Kabupaten Tanjab Timur ini, turut dihadiri oleh Asisten I Setda Tanjab Timur Suhas Purrojani mewakili Bupati, CSR & Comdev Supervisor PetroChina M. Yuda Ramdani yang mewakili pimpinan PetroChina International Jabung Ltd, HSE Departemen PetroChina Elva Edison dan Mus Mulyadi, Kasat Pol PP-Dakar Kabupaten Tanjab Timur Zulfaisyal, TNI, Polri, beberapa orang Camat, serta para Kades dan Lurah se-Kecamatan Geragai.

CSR & Comdev Supervisor PetroChina M. Yuda Ramdani, saat diwawancarai terkait kegiatan ini mengatakan, ini merupakan langkah awal dalam pembentukan Redkar di Kecamatan Geragai.

 BACA JUGA:Jangan Terlewat, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar Seleksi CPNS 2024

BACA JUGA:Harga Emas Antam Turun Lagi Hari Ini, Jadi Segini

"Hari ini kita baru melaksanakan sosialisasi dulu kepada Camat, Kades dan Lurah untuk Redkar dari masing-masing desa dan kelurahan," ucapnya.

Kedepannya nanti, pihak PetroChina International Jabung Ltd akan menyusun agenda khusus untuk pelatihan.

"Dari masing-masing desa dan kelurahan akan memilih lima orang masyarakatnya untuk  diikut sertakan menjadi Redkar," ungkapnya.

Diharapkan, nantinya Redkar ini yang akan menjadi garda terdepan baik itu untuk penanganan sejak dini dan juga penanggulangan kasus kebakaran yang terjadi di wilayah mereka.

BACA JUGA:Di SMPN 1 Kuala Tungkal, SKK Migas PetroChina Gelar Edukasi Pentingnya Pelestarian Mangrove

BACA JUGA:SKK Migas PetroChina Sosialisasikan Pentingnya Kelestarian Mangrove, Siswa Siswi SMPN 1 Kualatungkal Antusias

"Fungsi Redkar ini nantinya akan terlibat dalam penanganan dan penanggulangan kebakaran rumah, hutan, lahan, serta kasus kebakaran lain di wilayah mereka," ujar M. Yuda Ramdani.

Bukan hanya sosialisasi dan pelatihan saja, dirinya juga menyebutkan, nantinya para Redkar ini juga akan dibekali dengan peralatan penanggulangan kebakaran.

"Tidak hanya itu saja, para Redkar ini juga akan dibekali dengan peralatan penyelamatan. Seperti untuk mengatasi jika ular masuk ke rumah warga dan evakuasi sarang lebah di pemukiman warga yang dapat membahayakan keselamatan," sebutnya.

Kategori :