Sering Dianggap Sepele, Ini 6 Tanda Anemia yang Harus Diwaspadai

Jumat 23-08-2024,08:41 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

Jika kamu sering merasa pusing atau bahkan kehilangan keseimbangan, bisa jadi ini tanda bahwa tubuhmu sedang kekurangan sel darah merah.

3. Tangan dan Kaki Dingin.

Apakah kamu sering merasa kedinginan meskipun suhu udara tidak begitu dingin? Tangan dan kaki yang terasa dingin juga bisa menjadi gejala anemia. 

Ketika aliran darah tidak cukup untuk menjaga tubuh tetap hangat, kamu mungkin akan merasa kedinginan, terutama di area tangan dan kaki.

4. Rambut Rontok dan Kuku Rapuh Rambut.

Rambut yang rontok dan kuku yang rapuh bisa menjadi tanda lain dari anemia. Kekurangan nutrisi akibat anemia dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan membuat kuku mudah patah. 

BACA JUGA:Pastikan Infrastruktur IKN Berkualitas, PUPR Tingkatkan SDM Konstruksi Nasional Lewat Sertifikasi Onsite

BACA JUGA:Pj Wali Kota Jambi Salurkan Bantuan Pendidikan Baznas

5. Merasa Lelah dan Lemah Sepanjang Hari

Salah satu gejala utama anemia adalah rasa lelah yang berlebihan, meskipun sudah cukup istirahat. Kelelahan ini berbeda dari kelelahan biasa karena tidak hilang dengan tidur atau istirahat. 

Tubuh yang kekurangan oksigen akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan energi, yang pada akhirnya membuat kamu merasa lemah dan lesu.

6. Kulit Pucat atau Kuning.

Perubahan warna kulit bisa menjadi indikasi bahwa tubuhmu mengalami kekurangan sel darah merah.

 Kulit yang pucat, terutama di area wajah, kelopak mata, dan kuku, merupakan tanda klasik anemia. Pada beberapa kasus, anemia juga dapat menyebabkan kulit tampak kekuningan.

Kategori :