Gubernur Jambi dan BKKBN Rayakan HARGANAS ke-31: Fokus pada Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas

Kamis 22-08-2024,17:52 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

MERANGIN, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 Tingkat Provinsi Jambi, yang digelar di Bumi Tali Undang Tambang Teliti, menjadi ajang penting untuk menegaskan peran keluarga dalam pembangunan bangsa. Gubernur Jambi, Al Haris bersama dengan Bupati/Walikota, Ketua TPPS, Forkopinda Provinsi Jambi, dan Kepala OPD KB se-Provinsi Jambi, hadir dalam acara yang diselenggarakan pada Kamis 22 Agutus 2024.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN RI, Dr. (Hc). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (k), menekankan tema peringatan tahun ini, yaitu "Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas." Menurut Dr. Hasto, HARGANAS merupakan momen strategis untuk menegaskan kembali pentingnya peran keluarga di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan globalisasi. "Keluarga berkualitas adalah kunci untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045," ungkapnya.

Secara nasional, angka Total Fertility Rate (TFR) Indonesia kini mendekati 2,1, dengan data terbaru menunjukkan angka 2,14 anak per wanita. Provinsi Jambi berada sedikit di atas rata-rata nasional, yakni pada angka 2,26 anak per wanita. Meskipun angka ini menunjukkan pencapaian yang positif, BKKBN terus berupaya untuk mendekati level penggantian (replacement level) dan meningkatkan kualitas keluarga.

Dr. Hasto menambahkan bahwa BKKBN memiliki dua fungsi utama, yaitu mendekati tingkat penggantian dan meningkatkan kualitas keluarga. Indeks Pembangunan Keluarga Indonesia menunjukkan peningkatan dari 56,07 menjadi 61,43, dengan Provinsi Jambi mencatat angka yang lebih tinggi, yakni 62,58.

BACA JUGA:Dasco Sebut Keputusan Revisi RUU Pilkada Batal Sejak Pukul 10.00, Sebelum Ada Demo

BACA JUGA:Dasco Sebut Pengesahan RUU Pilkada Batal, Pilkada 2024 akan Berjalan Sesuai Putusan MK

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jambi menerima penghargaan Manggala Karya Kencana sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya dalam program pembangunan keluarga dan percepatan penurunan stunting. Penghargaan serupa juga diberikan kepada Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. Anwar Sadat, M.Ag.

Gubernur Jambi, Al Haris, menegaskan komitmennya dalam mengatasi berbagai tantangan keluarga, termasuk penurunan angka stunting, pernikahan dini, dan perceraian. "Peringatan HARGANAS ini adalah momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keluarga dalam pembangunan bangsa. Kami juga berupaya untuk mengendalikan inflasi dan meminimalisir kemiskinan di Jambi," jelasnya.

Acara ini diharapkan dapat mendorong semua pihak untuk terus bekerja sama dalam meningkatkan kualitas keluarga dan mendukung program-program pembangunan keluarga yang berkelanjutan. *

Kategori :