Waspada, Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Kopi Saat Perut Kosong

Rabu 21-08-2024,07:55 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

 

 

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Banyak orang yang sangat menyukai kopi. Minuman ini paling banya disukai oeh masyarakat Indonesia. Sehingga membuat kopi  sangat populer tidak hanya di Indonesia namun juga di belahan dunia manapun.

Namun harus diwaspadai bahwa meskipun kopi memiliki cita rasa yang enak, namun juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Kopi ternyata bisa memberikan dampa buruk terhadap kesehaan. Apalagi jika dikonsumsi pada saat perut kosong.

Berikut bahaya kopi dikonsumsi saat perut kosong

1. Mengganggu Keseimbangan Hormon

Minum kopi saat perut kosong dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh. Kafein dapat merangsang pelepasan hormon stres, yang dalam jangka panjang dapat mengganggu fungsi hormonal lainnya, termasuk hormon yang mengatur tidur dan metabolisme.

2. Mengganggu Penyerapan Nutrisi

Kopi memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan buang air kecil. Ini dapat menyebabkan hilangnya nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Ketika diminum saat perut kosong, risiko kekurangan nutrisi ini bisa lebih tinggi karena tubuh tidak memiliki makanan untuk membantu penyerapan nutrisi yang baik.

3.Kualitas Tidur Menjadi Buruk

Kandungan kafein dalam kopi dapat bertahan dalam tubuh selama beberapa jam. Mengonsumsi kopi saat perut kosong di pagi hari bisa mengganggu pola tidurmu di malam hari, karena efek stimulan kafein yang berkepanjangan.

Untuk mengurangi risiko di atas karena konsumsi kopi, ppastikan kamu makan sesuatu sebelum minum kopi. Makanan bisa membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi. Pilih juga kopi dengan kadar kafein rendah selama mengonsumsinya. Imbangi juga dengan konsumsi air putih cukup demi jaga kesehatan tetap maksimal setiap harinya. Dengan memahami risiko dan mengambil langkah-langkah pencegahan, diharapkan kita semua bisa menikmati kopi tanpa harus mengorbankan kesehatan pencernaan dan keseimbangan hormon tubuh. Secinta apapun kamu dengan kopi, cobalah untuk lebih bijak dalam mengonsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

4. Iritasi Lambung

Mengonsumsi kopi saat perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung. Asam lambung yang tinggi tanpa adanya makanan untuk dicerna dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung, yang berpotensi menyebabkan gastritis atau bahkan tukak lambung. Masalah lambung yang serius, bisa berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lain secara menyeluruh. 

5. Meningkatkan Kecemasan dan Stres

Kategori :