Rayakan HUT ke-79 RI, Telkomsel Hadirkan Pemanfaatan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia

Jumat 16-08-2024,17:52 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

Tidak hanya itu saja, helm ini juga dapat merekam video yang bisa langsung dipantau oleh pusat komando, sehingga memungkinkan petugas di pusat komando untuk dapat memberikan instruksi kepada pekerja di lapangan secara real-time. 

BACA JUGA:Terjerat Kasus Karhutla di Tanjab Barat, Pria Asal Riau Diancam 10 tahun Penjara dan Denda Rp10 Miliar Gegara

BACA JUGA:Gubernur Jambi Lepas Kontingen PWI Provinsi Jambi untuk Porwanas XIV Kalsel: Jaga Nama Baik Jambi

Khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Telkomsel mendukung Kementerian Kominfo RI dalam upaya menjadikan teknologi 5G sebagai tulang punggung sistem smart city di IKN dengan memanfaatkan teknologi 5G SA (Standalone) untuk solusi 5G Live Broadcast dan Smart Glasses, sehingga dapat menghadirkan siaran langsung dari rangkaian upacara kemerdekaan Republik Indonesia pertama kali di IKN dengan kualitas yang optimal. 

Teknologi 5G SA ini dilengkapi dengan fitur Network Slicing yang dapat memberikan prioritas lebih sehingga memungkinkan penyiaran video beresolusi tinggi secara real-time dari 5 titik penyiaran di kawasan Istana IKN dan 5G streaming di GraPARI Nusantara. Siaran langsung ini tidak hanya menjangkau audiens yang lebih luas tetapi juga memberikan pengalaman visual yang superior, memastikan bahwa setiap momen penting dapat disaksikan dengan jelas dan tanpa hambatan.

Tak hanya itu, di Rumah Teknologi Nusantara (RTN) yang berlokasi di IKN, Telkomsel juga menghadirkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G lainnya, yakni 5G AI Robot BellaBot, Games Interactive, Wearable Glasses Camera, dan Future Ride in Smart City. BellaBot merupakan robot yang bertugas untuk mengirimkan makanan dan minuman kepada para tamu. Kemudian, Games Interactive yang memberikan edukasi tentang teknologi 5G melalui konten menarik dan interaktif. 

Wearable Glasses Camera memungkinkan pengguna mengirim video, foto, dan data lainya ke internet melalui teknologi UL Traffic. Future Ride in Smart City menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan sensor Internet of Things (IoT) untuk memberikan pengalaman bersepeda di kota pintar.

Di momentum HUT RI ke-79 di IKN, Telkomsel juga telah menyiapkan dan menghadirkan 55 Base Transceiver Station (BTS) teknologi terkini 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis IKN. Kemudian memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan menambah dan mengoptimalisasi jaringan di dua ruas tol yang menghubungkan IKN, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN. 

BACA JUGA:Ini 7 Cara Simpel Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Berkas Sudah P21, Ditreskrimum Polda Jambi Panggil Ko Apex Lagi untuk Pelimpahan

Dengan kehadiran infrastruktur terdepan tersebut, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik data hingga 650 persen dengan total payload per harinya rerata mencapai 37.4 Terabyte. Peningkatan trafik ini dipicu oleh semakin tingginya aktivitas digital dari para pekerja, masyarakat, dan pengunjung yang beraktivitas di IKN. Seluruh dukungan yang kami hadirkan, tidak hanya memastikan kelancaran komunikasi selama acara, akan tetapi juga berperan penting dalam mendukung transformasi IKN menjadi sustainable smart city.

Kategori :