Harapan Pj Wali Kota pada Festival Keris Siginjai

Minggu 04-08-2024,20:15 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

Dia berharap dengan kolaborasi bersama Kemendikbudristek RI dan Pemerintah Provinsi Jambi dapat meningkatkan penyelenggaraan Kenduri Swarnabhumi pada masa yang akan datang, terlebih lagi dengan dukungan pembiyaan melalui APBN.

BACA JUGA:Perahu Tenggelam saat akan Berkemah dan Memancing, 2 Remaja Meninggal Dunia, 3 Selamat

BACA JUGA:Ini Alasan Kenapa Warga Kota Jambi Lebih Mendukung H Abdul Rahman

“Karena sangat penting untuk di lestarikan, dan merupakan perwujudan dari kolaborasi dan komitmen antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memastikan bahwa pelestarian budaya Melayu yang ada di Sumatera tetap terjaga,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasinya pada gelaran Festival Keris Siginjai rangkaian Kenduri Swarnabhumi tersebut. 

Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Pusat melalui Kemendikbudristek yang memperhatikan kondisi Jambi dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukannya di Jambi.

"Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Pusat serius dalam rangka untuk mendukung wisata di Jambi. Kita mulai sebelumnya untuk Candi Muaro Jambi, dan saat ini di Kota Jambi juga ada Candi Solok Sipin yang baru akan dilakukan pembugaran atau rehabilitasi,” kata Al Haris. 

BACA JUGA:Kolaborasi Media Jadi Strategi Adaptasi Perubahan Zaman

BACA JUGA:Danramil 415-13/Mestong Kapten Inf Al Azhar: Masyarakat Antusias Sambut TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi

Lebih lanjut, dirinya berharap dengan segala keunikan dan budaya, Pemerintah Daerah dapat memaksimalkan peran penting dalam pembangunan guna kemajuan dan perkembangan Provinsi Jambi dari masa ke masa.

"Oleh karena itu Kenduri Swarnabhumi bertujuan  bagaimana menjaga alam kita, dalam hal ini adalah Sungai Batanghari. Menjaga budaya melayu Jambi yang sudah melekat lalu di lestarikan dan kita bagikan menjadi edukasi  bagi anak-anak kita di masa mendatang,” tambahnya.

Al Haris berharap berbagai kegiatan wisata itu diharapkan menimbulkan multiplier effect bagi perekonomian khususnya di kota Jambi.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, karena sangat banyak sekali yang kita bisa munculkan. Dan tentunya punya manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi geliat perekonomian khususnya di kota Jambi. Selamat kepada semua pihak atas suksesnya event yang diselenggarakan di Kota Jambi ini,” pungkas Gubernur Al Haris. 

BACA JUGA:Satgas TMMD ke 121 Kodim 0415/Jambi Bersama Warga Olahraga Voli

BACA JUGA:Heboh!! Warga Temukan Mayat di Pinggir Jalan Desa Sungai Gelam Muaro Jambi

Sementara itu, Direkrut Festival Keris Siginjai, Hendri Nursal dalam laporannya, menyampaikan tujuan utama dilaksanakannya event Festival Keris Siginjai guna memberi pesan kepada semua bagaimana mencintai nilai-nilai yang ada, nilai sejarah, seni dan budaya, bahkan cara mencintai lingkungan yang perlu di jaga  untuk anak dan cucu dimasa depan. 

Kategori :