Sebelum Mulai Program, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bersihkan Pekarangan Rumah Orangtua Asuh

Senin 29-07-2024,09:28 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bertugas sebagai anggota Satgas mewajibkan prajurit harus tinggal selama satu bulan di lokasi tempat dilaksanakannya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0415/Jambi.

Seluruh personil yang terlibat ditempatkan di rumah-rumah warga desa, begitu juga yang  diterapkan Kodim 0415/Jambi, yang berada di tiga desa, yakni Desa Suka Maju, Desa Muaro Sebapo dan Desa Pondok Meja, Kabupaten Mestong.

Warga merasa senang menerima kedatangan prajurit ini, dan tinggal bersama. Pasalnya, rumah orang tua asuh tersebut selalu rapi dan dibersihkan setiap harinya.

Anggota satgas sebelum pergi bekerja di sasaran fisik, terlebih dahulu membantu membersihkan rumah dan pekarangan samping rumah orang tua asuhnya dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti sapu dan parang.

BACA JUGA:Sebelum Mulai Bekerja, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Bersama Masyarakat dan Mahasiwa Lakukan Apel Pagi

BACA JUGA:Turut Meriahkan Pra Olimpiade Paris 2024, PLN Hadirkan Reog Ponorogo di Acara Exhibition Pencak Silat

Pekarangan yang dibersihkan seperti menyapu halaman, membuang sampah dan membakar kayu dan sampah.

Tak jarang, sebelum ataupun sesudah bekerja membangun peningkatan jalan, mereka menyempatkan diri untuk membantu pemilik rumah meski hanya sekedar membersihkan pekarangan.

"Ini perilaku yang sangat elok. Apalagi tentara ini ada yang masih berusia muda dan saya anggap seperti anak saya sendiri. Memang selama TMMD mereka menginap di rumah kami, setiap hari mereka membersihkan dan tak jarang malam hari kita bercengkrama, bersenda gurau bersama-sama atau sekedar ngobrol santai," ujar Ratna salah seorang pemilik rumah di Desa Suka Maju.

Danton SSK TMMD Kodim 0415/Jambi, Letda Septari Poza, membenarkan bahwa anggota Satgas TMMD selama satu bulan ditempatkan untuk menginap di rumah-rumah penduduk sekitar. 

BACA JUGA:Jokowi Ajak Influencer dan Artis Jajal Jalan Tol di IKN : Lancar dan Mulus

BACA JUGA:Tunggangi CBR, Astra Honda Borong Podium di ARRC Mandalika

Menurutnya dengan begitu Kemanunggalan yang terjalin antara TNI dan Masyarakat akan semakin kuat.

"Kehadiran Tim Satgas TMMD ke 121 Kodim 0415/Jambi membawa keceriaan serta motivasi kepada orang tua asuh dengan peduli tentang kehadiran para satgas TNI yang sudah dianggap sebagai anak sendiri dan begitu sebaliknya," ujarnya.

Kategori :