Banjir di Kerinci, Satu Rumah Amblas, BPBD Turun ke Lapangan

Senin 08-07-2024,20:54 WIB
Reporter : Safrial
Editor : Risza S Bassar

KERINCI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Satu rumah warga Tutung Bungkuk, Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci, amblas setelah dihantam banjir, Minggu malam 7 Juli 2024.

Banjir ini sendiri terjadi karena luapan Sungai Jambu desa Tutung Bungkuk. Kebetulan rumah amblas milik korban berdekatan dengan Sungai Jambu.

Kepala Desa Sungai Jambu Jang Ibnu Basri, dikonfirmasi via ponselnya membenarkan ada rumah amblas karena dihantam banjir, setelah diguyur hujan cukup lebat di daerah Kecamatan Siulak.

Dikatakan Kades Rumah yang amblas adalah milik Taufik (40 tahun), warga Tutung Bungkuk Kecamatan Siulak. 

BACA JUGA:Waspada Awan Panas dan Guguran Lahar, Gunung Semeru Kembali Erupsi

BACA JUGA:Crosser Astra Honda Tuntaskan Perjuangan di MXGP Lombok

Dijelaskan kades, bahwa rumah amblas milik Taufik ini dikarenakan Sungai Jambu yang tepat di dekat rumah Taufik naik, dikarekan terjadi penyumbatan lobang pembuangan Sungai Jambu, sehingga air naik dan membuat ruang Taufik amblas.

“Rumah yang amblas tidak seluruhnya tapi setengah yang amblas, sehingga sebelahnya lagi masih bisa digunakan, namun tempat usaha pak Taufik yakni cucian mobil juga amblas yang berada di samping rumahnya,” terang kades lagi. 

Dirinya telah melaporkan kejadian ini ke BPBD Kerinci dan proposal dan dugaan kerugian sudah disampaikan ke BPBD Kerinci, untuk taksiran kerugian di atas Rp4 jutaan.

“Hari ini alat berat dari PUPR dan personel dari BPBD sudah turun ke lokasi melihat dan melakukan pembersihan sungai Jambu yang tersumbat,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pj Bupati Muaro Jambi Hadiri Seminar Nasional BPK RI di Jakarta

BACA JUGA:PetroChina Jabung Tingkatkan Produksi Minyak dengan Ngebor 9 Sumur Baru

Disinggung soal bantuan yang sudah diterima korban, kades mengatakan bahwa untuk hari ini belum ada bantuan yang datang kemungkinan besok, pihaknya sudah menyampaikan laporan proposal ke BPBD.

“Proposal yang diminta BPBD sudah diserahkan kemungkinan besok datang bantuan,” jelasnya.

Kalak BPBD Kerinci, Dedi Andrizal, dikonfirmasi via ponselnya mengatakan setelah diguyur hujan ada beberapa lokasi terjadi banjir.

Kategori :