Polisi dalam Negara yang Demokratis: Penjaga Kehidupan Pembangun Peradaban dan Pejuang Kemanusiaan

Sabtu 15-06-2024,11:12 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

Tugas polisi pada ranah kemanusiaan yang berarti polisi juga harus peka dan peduli terhadap masalah-masalah kemanusiaan sehingga dapat menunjukan bahwa polisi keberadaanya aman bagi masyarakat, menyenangkan masyarakat dan tentu bermanfaat bagi masyarakat. Keutamaan Polisi  adalah kemanusiaan, memanusiakan manusia (meningkatkan harkat dan martabat manusia). “Wong Jowo ojo ilang Jawane”, Pepatah jawa yang diungkapkan bagi orang-orang jawa yang telah lupa/ menghilangkan nilai-nilai budaya jawa atau juga yang sudah tidak lagi peduli terhadap nilai-nilai luhur budaya jawa. Bagai mana dengan " polisi ilang kamanungsane" (Polisi yang hilang kemanusiaanya)? Hakekat polisi adalah untuk  "nguwongke" (memanusiakan manusia). Keberadaan polisi adalah untuk mengangkat harkat dan  martabat manusia. Dengan segala fungsi, kewenangan dan berbagai model pemolisianya intinya adalah agar terwujud dan terpeliharanya keteraturan sosial. Tatkala polisi hilang akan kemanusiaanya maka dapat dikatakan telah terjadi abuse (penyimpangan/ penyalahgunaan wewenang). Walaupun itu masih dalam pikiran, karena itu sudah menjadi niat. Niat ini akan menjadi kejahatan apabila ada kesempatan.

Polisi yang ideal adalah polisi yang mampu memanusiakan manusia. Keberadaaanya diterima dan di dukung oleh masyarakat yang dilayaninya. Polisi juga dapat dijadikan ikon kemanusiaan, ikon kota, ikon perubahan, ikon hukum dan yang terpenting adalah ikon keamanan dan keselamatan. Itu semua bukan tiba-tiba melainkan harus dibangun dan dimulai dari pimpinanya. "Kebiasaan yg baik akan menjadi hati nurani yang baik". Polisi yang humanis dapat dilihat dari: 

1.Bangunan/perkantorannya dan lingkunganya. Bangunan/perkantoran dan lingkungan kerja polisi merupakan cerminan dari kebudayaan dari institusi. Kantor polisi/ lingkungn kerja polisi  yang humanis memang ada sentuhan-sentuhan seni yang membuat orang nyaman, welcome sehingga orang yang datang ke kantor polisi merasa aman dan nyaman. Tentu saja didukung dengan kebersihan, kerapihan dan keasrian alam sekitar juga menjadi pendukung kehangatan dan kedekatan polisi dengan masyarakat. Hiasan, tulisan, warna dan sebagainya juga mencerminkan nuansa yang menyejukan hati. 

2.Pemimpin dan kepemimpinanya. Pemimpin dengan kepemimpinanya akan sangat mempengaruhi perilaku organisasi. Kebijakan-Kebijakan yang diambil. Oleh pemimpin akan menjadi acuan/ pedoman bagi anak buahnya. Dan pada level pelaksana akan menjabarkanya lagi dalam bentuk kesepakatan-kesepakatan diantara mereka untuk mengimplementasikanya. 

3.Pola-pola pemolisianya. Pola-pola pemolisan ini merupakan model implementasi dari kebijakan-kebijakan pimpinanya atau bisa juga dikatakan sebagai budaya yang aktual. Pada Institusi kepolisian yang humanis yang aktual ini bisa sama/ tidak terjadi gap yang dalam dengan yang ideal.

Pikiran, perkataan dan perbuatan menjadi frame bagi polisi yang humanis. Kewenangan-kewenangan polisi dalam menegakkan hukum dan upaya paksa sekalipun juga demi manusia/ perlindungan pada manusia-manusia yang produktif. Tindakan-tindakan tegas dan upaya paksa dikenakan pada tindakan-tindakan yang kontra produktif. Polisi yang humanis ditunjukan dari pemolisianya yang mengupayakan pada: supremasi hukum, memberikan jaminan dan perlindungan HAM, tansparan, akuntabel, berorientasi pada upaya-upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat dan adanya pengawasan serta pembatasan kewenangan kepolisiannya. Polisi ikon keamanan dan rasa aman yang semuanya bagi memanusiakan manusia. Polisi tidak boleh kehilangan kemanusiaanya.

 

 Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, akan menghadapi berbagai tantangan, hambatan, tekanan bahkan ancaman baik yang bersifat global, regional, nasional bahkan tingkat lokal sekalipun.

Siapa yang bertanggungjawab mengatasi dan menangani bahkan mengkader dan menyiapkan semua ini dari generasi ke generasi?. Sering kita melihat dan mendengar saling salah menyalah, saling lempar tanggungjawab bahkan saling hujat dan serang. Penguasaan sumber daya dengan gaya dan cara mafia memang merusak dan meremukan bangsa ini.

Kesadaran untuk membangun anti korupsi memang harus ditanamkan dan menjadi suatu nilai kebanggaan. Gaya dan pola hidup sederhana dan take home pay yang jelas serta rasional bagi pegawai-pegawai lepas, buruh harian dan ASN, pegawai-pegawai golongan rendah.

 

Pembangungan infrastruktur mengerem terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang semestinya menjadi acuaan dan standar keberhasilan. Penghayatan kecintaan kebanggaan atas bangsa ini mestinya ditunjukan dari perjuangan untuk membersihkan bangsa ini dari korupsi, narkotika, preman-preman birokrasi dan mafia-mafia di semua lini dengan kinerja yang profesional, cerdas, bermoral dan modern.

Merdeka bukanlah sebatas teriakan kata-kata, namun dibuktikan dengan nyali dalam mewujudkan mimpi atau cita-cita dalam karya nyata yang patut dibanggakan, diunggulkan sebagai bangsa yang merdeka.

Kebanggaan dan keunggulan dari suatu bangsa yang merdeka adalah kecerdasan sumber daya manusianya yang memiliki berbagai kompetensi, komitmen, integritas dan kesadaran cinta akan bangsa dan negara.

Hal itu bisa  ditunjukkan dalam nyalinya dalam mengisi kemerdekaan untuk :

1.Memberdayakan kekayaan dan sumber daya negara dan tidak ngemplang kekayaan Negara (tidak mengambil keuntungan entah dari mark up, menipu, menggelapkan, menyalahgunakan, mencuri uang negara).

Kategori :