Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, Bank Indonesia Provinsi Jambi Siapkan Rp 3,05 Triliun

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, Bank Indonesia Provinsi Jambi Siapkan Rp 3,05 Triliun

Bank Indonesia Provinsi Jambi siapkan Rp 3,05 Triliun untuk memenuhi kebutuhan uang di Provinsi Jambi-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

JAMBI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 2023, Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi menyiapkan uang sebesar Rp 3,05 Triliun.

 

Angka ini naik sebesar 38,63 dari realisasi  periode yang sama tahun 2022 yakni sebesar Rp 2,2 triliun. 

 

Hermanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mengatakan bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan puasa Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia telah memastikan kecukupan dan ketersediaan uang tunai.

 

Secara nasional dalam memenuhi proyeksi kebutuhan perbankan sebesar Rp195 Triliun atau naik 8,22 46 dari realisasi periode yang sama tahun 2022. 

BACA JUGA:Banyak yang Kritisi Pemerintah, Luhut Binsar: Orang yang Nggak di Pemerintahan Jangan Banyak Omong!

BACA JUGA:Siswa SD di Papua Jadi Warga Kehormatan TNI, Viral di Medsos karena Beri Hormat Pada Rombongan Presiden

 

"Untuk Provinsi Jambi, Bank Indonesia Jambi telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 3,05 triliun atau naik 38,63 dari realisasi  periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp 2,2 triliun,"ujarnya.

 

Adapun komposisi uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia Jambi adalah Rp2,9 triliun uang pecahan besar dan Rp150 milar uang pecahan kecil. 

 

Penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan geliat pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang kian melanda.

 

Kantor Pusat Bank Indonesia telah melakukan Kick Off SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) 2023 pada tanggal 20 Maret 2023.

BACA JUGA:Mantan Pejabat KPK Abraham Samad dan Laode Ungkap Penyimpangan di Bea Cukai Dilindungi Kekuatan Besar

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mulai Hari Ini, Ditlantas Polda Jambi Stop Aktivitas Angkutan Batu Bara, Ini Alasannya

 

Kemudian Kick Off serupa yang diikuti oleh seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia SERAMBI 2023 bertujuan untuk menyediakan uang Rupiah dan memberikan layanan kas yang dapat memenuhi: kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan awarness terkait dengan Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. 

 

Mulai tanggal 27 Maret 2023 sd 20 April 2023, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5 066 titik layanan penukaran di bank y yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

 

Adapun titik penukaran di wilayah BI Jambi meliputi 32 titik penukaran loket bank umum di kota Jambi dan 25 titik penukaran di loket bank peserta Kas Titipan di Muaro Bungo dan Kuala Tungkal. 

 

Bank Indonesia Jambi juga berkolaborasi dengan 8 bank umum pada kegiatan layanan penukaran kas keliling bersama di beberapa titik lokasi di kota Jambi antara lam e Tanggal 5 dan 6 April 2023 di Taman Angso Duo e Tanggal 10 dan 11 April 2023 di Tugu Keris Siginjai Tanggal 12 dan 13 Apri 2023 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi e Tanggal 17 dan 18 Apri 2023 di Jamtos Mall.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Adji Pelaku Pembacokan Minta Maaf ke Korban dan Keluarga, Serahkan Diri ke Polda Jambi

BACA JUGA:Promo KFC Hari ini, Ada Menu Spesial di Bulan Ramadan

 

Layanan penukaran kas keliking bersama dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebelumnya melakukan pendaftaran online pada situs https.//pintar.bi.go.id. Mekanisme pendaftaran pemesanan penukaran tersebut merupakan upaya mitigasi kerumunan masyarakat yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19, karena setiap harinya terdapat kuota jumlah penukar yang terbatas 

 

Satu lagi yang perlu perlu mendapat perhatian, bahwa tingkat konsumsi mayarakat di periode Ramadhan selalu mengalami peningkatan dan dapat memicu kenaikan inflasi oleh karenanya Bank Indonesia menghimbau agar masyarakat lebih bijak dalam berbelanja, dengan memprioritaskan kebutuhan yang wajar. *

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: