Ivan Kurniawan Bassar Raih Gelar Doktor, Teliti Pasien Ulkus Kaki Diabetik

Ivan Kurniawan Bassar Raih Gelar Doktor, Teliti Pasien Ulkus Kaki Diabetik

Ivan Kurniawan Bassar Raih Gelar Doktor-ist -

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Universitas Andalas (Unand) menggelar sidang terbuka promosi doktor dr. Ivan Kurniawan Bassar, SpB, FINacs, FICS pada Program Studi Biomedis Fakultas Kedokteran secara daring lewat Zoom dan luring di Gedung Prof.Dr.M Syaaf Fakultas Kedokteran Unand, Selasa 21 Juni 2022.

Sidang terbuka ini dihadiri Prof.Dr. Nur Indrawaty Lipoeto, MSc, PhD, SpGK sebagai ketua sidang, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebagai ketua tim penguji Dr.dr. Afriwardi, SH, SpKO, MA, komisi pembimbing yang juga penguji Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Jamsari, MP, Prof. Dr. dr. Ellyza Nasrul, sp,PK, dan Dr. dr. Humaryanto, SpOT, M.Kes

Selanjutnya, komisi penguji yang terdiri dari Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA, Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FisPH, FisCM, dr. Rauza Sukma Rita PhD, dan Dr. dr. Etriyel MYH, S.p.

Judul disertasi yang disampaikan Dosen Fakultas Ilmu Biomedis itu adalah, “Hubungan antara Polimorfisme Gen VEGF RS 699947 dengan Kadar Protein VEGF, dan Matriks Metalloproteinase-14 pada Pasien Ulkus Kaki Diabetik”.

BACA JUGA:Soal Jenazah Bayi Tertahan di Rumah Sakit Raudhah, Ini Kata Kadinkes Merangin 

BACA JUGA:Jenazah Bayi Akhirnya Dipulangkan Rumah Sakit Raudhah, Setelah Diberi Jaminan Ini

Ujian ini merupakan rangkaian panjang Ivan Kurniawan Bassar untuk menyandang gelar doktor pada Program Doktor Ilmu Biomedis, Fakultas Universitas Andalas.

Disertasi ini mengurai fakta bahwa pasien dengan ulkus kaki diabetik mengungkap hubungan faktor genetik mengapa pasien dengan diabetes ada yang terjadi ulkus dan ada yang tidak. 

“Kalau di masyarakat awam ada yang ngomongnya diabetes basah dan kering. Jadi itu yang saya ingin teliti. Hal ini sangat perlu diteliti sehingga dapat membantu tenaga kesehatan dalam pemeriksaan penunjang. Agar dapat memprediksi kejadian ulkus kaki diabetik pada pasien DM tipe 2 dan memberikan edukasi yang tepat guna menghindari terjadinya ulkus,” ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: