Usai Upacara Jokowi Sapa Warga Poso dan Merauke

Usai Upacara Jokowi Sapa Warga Poso dan Merauke

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8). Usai memimpin upacara, Jokowi menyapa masyarakat Poso, Sulawesi Tengah dan Merauke, Papua, melalui konferensi video.

Perwakilan masyarakat Merauke mengungkapkan rasa terima kasih dan rasa bangga. Mereka senang karena berkesempatan mengikuti Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, dan berinteraksi langsung dengan Jokowi secara virtual.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berinteraksi langsung dengan Bapak Presiden pada momentum Hari Kemerdekaan ini,” ucap salah satu perwakilan masyarakat Merauke, seperti dikutip dari keterangan pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (17/8).

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rakhman Baso pun menuturkan masyarakat Poso sangat bangga dan haru atas kesempatan tersebut.

“Masyarakat Dusun Manggalapi bangga. Mereka juga terharu. Warga bisa berterima kasih dan melihat langsung Presiden pada momentum ini,” ujar Abdul Rakhman.

Ini adalah kali pertama masyarakat Poso mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual bersama Kepala Negara. Momentum ini dirasakan dapat membangkitkan jiwa nasionalisme masyarakat Poso.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih. Ini upacara yang perdana. Pada waktu dikibarkan bendera, mereka merasa sangat merdeka dengan adanya pengibaran bendera Merah Putih,” ucap perwakilan masyarakat lainnya.

Jokowi berjanji akan mengunjungi Merauke dan Poso saat Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua diselenggarakan. Selain itu, akan meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sulawesi Tenggara.

“Terima kasih Merauke. Nanti ketemu di bulan Oktober saat PON. Insya Allah, sekaligus diresmikan PLBN di Sultra. Terima kasih, Dirgahayu Republik Indonesia,” kata Jokowi. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: