Overclocker ROG Tunjukkan Kekuatan Alder Lake dengan ROG Maximus Z690 Apex

Overclocker ROG Tunjukkan Kekuatan Alder Lake dengan  ROG Maximus Z690 Apex

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA -  ASUS Republic of Gamers (ROG) hari ini mengumumkan bahwa para overclocker telah memecahkan berbagai rekor dunia menggunakan motherboard ROG Maximus Z690 Apex dengan prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12.

Setiap lompatan ke mikroarsitektur baru membawa sejumlah tantangan yang dihadapi overclocker saat mereka mencoba memahami dan beradaptasi dengan perangkat keras baru. Tetapi transisi dari Generasi ke-11 (Rocket Lake) ke Generasi ke-12 (Alder Lake) sangat besar, terutama dengan pemisahan antara performance dan efficiency cores. Overclocker ROG secara internal dapat mencapai frekuensi single-core setinggi 8,2 GHz dengan Alder Lake, tetapi mengaktifkan lebih banyak core secara drastis mengurangi overhead maksimum, dan ini terutama berlaku untuk e-core.

Jadi, ketika overclocker ASUS membekukan CPU Generasi ke-12 dengan helium cair, mereka mematikan e-core untuk melihat seberapa jauh p-core dapat berjalan. Selama proses validasi intensif di awal Oktober, 'elmor' mencatat kecepatan 7543,95 MHz pada semua core performa dengan prosesor Intel Core i9-12900K yang dipasang ke motherboard ROG Maximus Z690 Apex. Dalam sesi yang sama, 'elmor' juga memangkas rekor dunia PiFast menjadi lebih dari delapan detik, dan 'safedisk' menghidupkan kembali e-core untuk mengambil tempat pertama 16-core di Cinebench R20 dan Geekbench 3.

Sejak itu, 'safedisk' telah membuat lebih banyak pencapaian dengan prosesor Intel Core i9-12900K dan i5-12600K. Menjalankan kedua platform melalui tantangan all-core dan p-core-only telah memberinya 16 skor global dan perangkat keras pertama di berbagai tolok ukur: Cinebench R20, Geekbench 3, GPUPI untuk CPU, HWBot x265, dan y- cruncher.

Salah satu catatan yang paling menarik perhatian generasi ini adalah melihat seberapa cepat memori DDR5 dapat digerakkan. Overclocker 'Hocayu' menunjukkan hal itu dengan menyetel G.Skill DIMM hingga 8704 MT/s, dengan mudah melampaui bahkan clock terbaik yang dicapai pada standar DDR4.

Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya, 'Rauf' dan tim 'OGS' membawa kembali kehebatan benchmarking 3D mereka pada generasi ini, mendominasi di seluruh rangkaian 3DMark dan di Unigine Heaven. Dalam prosesnya, delapan rekor dunia dipecahkan, termasuk beberapa skor yang dibuat oleh para overclocker pada benchmark lama dengan Rocket Lake.

Semua catatan dan skor tempat pertama ditampilkan di bawah ini untuk referensi. Perhatikan bahwa struktur core asimetris memerlukan beberapa perubahan pada pencatatan skor overclocking. Dimulai dengan generasi ini, situs validasi dan pemeringkatan HWbot memutuskan untuk melacak catatan pada chip hybrid baik untuk jumlah core penuh maupun performance core saja. Dengan demikian, multi-core benchmarks, hasilnya dipecah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: