Rudal Hipersonik Milik Korea Utara Lima Kali Lebih Cepat dari Kecepatan Suara, Terbang Lebih Rendah

Rudal Hipersonik Milik Korea Utara Lima Kali Lebih Cepat dari Kecepatan Suara, Terbang Lebih Rendah

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Korea Utara telah menguji rudal hipersonik. Senjata tersebut bergerak lima kali lebih cepat dari kecepatan suara. Negara tetangga Korea Selatan itu mengklaim telah menembakkan rudal balistik hipersonik tersebut. Mereka mengklaim berhasil mencapai target-tes untuk yang keduanya dalam hitungan bulan. Peluncuran hari Rabu (5/1/2021) adalah yang pertama oleh negara rahasia itu sejak Oktober dan terdeteksi oleh sejumlah negara terdekat.

Tidak seperti rudal balistik yang terbang ke luar angkasa sebelum kembali pada lintasan curam, senjata hipersonik terbang menuju target di ketinggian yang lebih rendah dan dapat mencapai lebih dari lima kali kecepatan suara - atau 3.850 mph. “Keberhasilan berturut-turut dalam uji peluncuran di sektor rudal hipersonik memiliki signifikansi strategis karena mereka mempercepat tugas untuk memodernisasi angkatan bersenjata strategis negara,” kantor berita negara KCNA melaporkan dilansir dari Sky News. Ia menambahkan hulu ledak terlepas dari pendorong roketnya dan "tepat mencapai" target 430 mil jauhnya.

Meskipun belum menguji bom nuklir atau rudal balistik antarbenua (ICBM) jarak jauh sejak 2017, dalam beberapa tahun terakhir Korea Utara telah mengembangkan dan meluncurkan berbagai rudal yang lebih bermanuver. Senjata hipersonik dianggap sebagai senjata generasi berikutnya yang bertujuan untuk merampok waktu reaksi musuh dan mekanisme kekalahan tradisional. Foto-foto rudal yang digunakan dalam uji coba hari Rabu (5/1/2021). Mereka menunjukkan apa yang menurut para analis adalah versi yang berbeda dari senjata yang diuji tahun lalu, dan pertama kali diluncurkan pada pameran pertahanan di Pyongyang pada bulan Oktober. Departemen Luar Negeri AS mengatakan tes itu melanggar beberapa Resolusi Dewan Keamanan PBB dan menimbulkan ancaman bagi tetangga Korea Utara dan masyarakat internasional.

Pembicaraan yang bertujuan membujuk Korea Utara untuk menyerahkan senjata nuklir dan persenjataan rudal balistiknya telah terhenti sejak serangkaian pertemuan puncak antara pemimpin Kim Jong Un dan presiden AS saat itu Donald Trump gagal tanpa kesepakatan. Pemerintahan Joe Biden telah siap terbuka untuk berbicara dengan Korea Utara, tetapi Pyongyang mengatakan tawaran Amerika adalah retorika kosong tanpa perubahan yang lebih substantif terhadap "kebijakan bermusuhan" seperti latihan militer dan sanksi. (usep saeffulloh/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: