Kapolri Akhirnya Izinkan Kompetisi Liga 1

Kapolri Akhirnya Izinkan Kompetisi Liga 1

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAKARTA – Penyelenggaraan kompetisi sepakbola Liga 1 Indonesia akhirnya mendapat izin dari kepolisian. Kapolri secara resmi menyerahkan izin tersebut ke Menpora.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan telah merestui penyelanggaraan kompetisi sepakbola Liga 1 Indonesia musim 2021-2022. Namun, kompetisi yang akan dimulai pada 27 Agustus 2021, harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Mendasari hasil asesmen dan evaluasi penerapan PPKM, kami sepakat untuk memberikan persetujuan terkait perizinan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2, namun tetap harus melaksanakan protokol kesehatan ketat,” kata Sigit usai menyerahkan izin penyelenggaraan ke Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, di Mabes Polri, Senin (23/8).

Dikatakannya, terbitnya izin ini telah melalui proses panjang. Polri bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Kemenpora, dan para tim liga beberapa kali melakukan rapat koordinasi. Sebab penyelenggaraan Liga 1 masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Diterangkannya, Polri bersama kementerian dan lembaga terkait membantu Pemerintah mengendalikan pandemi melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel. Adanya evaluasi PPKM rutin setiap pekan, dan melihat hasil asesmen laju COVID-19 serta situasi keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) mengalami penurunan di beberapa wilayah, maka diberikan beberapa pelonggaran. Salah satunya kegiatan olahraga dengan berbagai macam pembatasan.

“Jadi kami sepakat dan ini disetujui PSSI dan para pemilik klub Liga 1 dan Liga 2, rekan-rekan suporter bola untuk penyelenggaraan kali ini kita kawal dilaksanakan tanpa penonton,” ungkapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebutkan penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ini penting dalam rangka pembentuk tim nasional (timnas).

Zainudin mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola U20 FIFA World Cup Tahun 2023.

“Dalam rangka pembentukan tim nasional kita butuh kompetisi, tanpa kompetisi tidak mungkin kita akan ada tim nasional yang baik atau talenta-talenta yang akan termonitor,” ujar Zainudin.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 direncanakan berlangsung mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022. Kompetisi tersebut digelar dalam enam seri, dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.(gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: