Hilang di FIFA 22, EA Bakal Hapus Timnas dan Klub Rusia

Hilang di FIFA 22, EA Bakal Hapus Timnas dan Klub Rusia

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Konflik antara Rusia dan Ukraina terus menimbulkan efek domino. Terbaru datang dari industri game. Menurut BBC Sport, Kamis 3 Maret 2022, EA akan menghapus Timnas Rusia dari FIFA 22. Tak hanya Timnas Rusia, klub-klub asal Rusia pun ikut terkena imbas.

Hal ini menindaklanjuti dilarangnya Timnas Rusia, dan klub-klub Rusia, tampil semua kompetisi di bawah bendera FIFA dan UEFA.

Keputusan ini merupakan buntut dari invasi Rusia atas Ukraina. Untuk diketahui, perang ini sudah berjalan satu pekan lamanya.

Hal ini diumumkan lewat Twitter resmi EA Sports, yang merupakan salah satu bentuk sanksi olahraga yang dijatuhkan parter-partner EA, seperti FIFA dan UEFA.

BACA JUGA: Di Papua, 8 Orang Tewas Ditembak OTK

BACA JUGA: Kota-kota Besar di Ukraina Sudah Dikuasai Rusia, Ratusan Nyawa Melayang

"(Sanksi) ini merupakan bentuk solidaritas (EA) terhadap rakyat Ukraina, dan seperti halnya yang marak disuarakan dunia sepak bola, menyerukan perdamaian dengan diakhirnya invasi di Ukraina," tulis EA dalam pernyataannya.

"(EA akan) menghapus Timnas Rusia dan seluruh klub Rusia dari produk EA Sports FIFA, meliputi: FIFA 22, FIFA Mobile dan FIFA Online".

EA juga menambahkan bahwa akan terus aktif mengevaluasi perubahan ini.

Penghapusan Timnas Rusia dan klub-klub sepak bola asal Rusia ini, juga buntut dari surat terbuka yang dilayangkan Wakil Perdana Menteri Ukraina, Mykhailo Fedorov, yang meminta agar industri game turut serta dalam pemberian sanksi olahraga dalam bentuk digital.

BACA JUGA: Ke Paris Bawa Sang Anak, Ariel NOAH Dipuji Netizen

BACA JUGA: Rasain! Tukang Palak Sopir Batu Bara Ini Akhinya Ditangkap Polsek Kumpeh Ulu

Dalam surat terbuka itu, Fedorov meminta agar PlayStation, Xbox dan semua pengembang game, dan platform esport, untuk memblokir dukungan mereka akan pasar Rusia, terkait invasi ini.

Dalam responnya, EA mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mengabarkan update, atas setiap perubahan yang mereka buat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: