Tapal Batas Selesai Tahun Ini

Tapal Batas Selesai Tahun Ini

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Kabar baik terkait persoalan tapal batas kabupaten di Provinsi Jambi yang belum terselesaikan. Kemendagri menegaskan akan menyelesaikan tapal batas kabupaten di Provinsi Jambi pada akhir tahun ini.

Dirjen Bina Admistrasi Kewilayahan Kemendagri, Syafrizal ZA tapal batas tersebut segera diselesaikan. Saat ini masih ada beberapa hal yang belum diselesaikan untuk penetapan batasnya.

“Kita harapkan 100 persen selesai tahun ini, karena permintaan dari peraturan pemerintahnya. Tinggal beberapa bulan ini selesai,” kata dia, Jumat (3/9).

Untuk tapal batas kabupaten yang belum diselesaikan tersebut yakni Batas Kabupaten Tanjab Timur dengan Kabupaten Muarojambi. Kemudian batas Kabupaten Muarojambi dengan batas Kabupaten Batanghari. Dan batas Kabupaten Tanjab Barat dengan Kabupaten Tanjab Timur.

“Sebelum tahun ini berakhir sudah selesai, minggu depan akan kita tindak lanjuti lagi,” tambahnya. Kemudian, saat ini prosesnya masih ada beberapa hal yang belum disepakati oleh para bupati. Kata dia, nantinya bakal didiskusikan kembali. “Kendala saat ini masing-masing para masih ego bupati dalam garis atau batas wilayahnya,” jelansya.

Menurutnya, saat ini masih ada garis atau batas yang belum ditegaskan, pasalnya tidak ada kesesuaian antara peta dengan dilapangan. “Ini yang harus disesuaikan, dan akan kita tegaskan untuk menentukan batasnya,” sebutnya.

Sebelumnya, tapal batas ini tak kunjung terselesaikan. Meski, untuk penyelesaiannya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Karo Pemerintahan Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat mengatakan saat ini tahap penyelesaian tapal batas kabupaten masih ulet di Kemendagri. Pemprov Jambi telah melimpahkan ke pusat karena tak ada titik temu dengan kabupaten satu dengan kabupaten lainnya yang tapal batasnya masih bermasalah.

“Kita tidak tahu seperti apa, memang untuk proses penyelesaiannya sudah cukup lama, tapi kita tunggu saja, kan sudah di kementerian,” kata dia beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Rahmad menyebutkan, terakhir tapal batas tersebut akan diselesaikan pada tahun ini. Serentak dengan tapal batas yang belum diselesaikan dengan semua wilayah sumatera. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: