Dianggarkan Tahun Depan

Dianggarkan Tahun Depan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Pembangunan infrastruktur drainase saat ini diperlukan. Mengingat, masih banyak titik-titik banjir dan memerlukan normalisasi drainase, atau pembangunan drainase di lingkungan dalam Kota Jambi.

Namun, pembangunan tersebut saat ini masih dilakukan secara bertahap. Seperti di Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Palmerah, Kota Jambi. Lurah Eka Jaya, Abdul Salim mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan setiap tahun untuk pembangunan drainase.

Namun, kata dia pemerintah tidak dapat membangun secara langsung. Melainkan tahapan demi tahapan. Yakni sepanjang 100 meter. Kata dia, ini karena keterbatasan anggaran di kota Jambi.

"Kita sudah menganggarkan, tetapi memang tidak bisa secara langsung dibangun. Kita juga menyadari bahwa di Kota Jambi ini ada banyak sekali yang akan dibangun, maka dibagi-bagi dan itu dilakukan secara bertahap," bebernya.

Hal ini, kata di berdampak kepada ada genangan air yang masih dirasakan oleh masyarakat. Masih ada beberapa titik RT di Kelurahan Eka Jaya yang rawan banjir di saat hujan mengguyur.

"Tidak dipungkiri masih ada kawasan yang tergenang air, tapi ini kalau memang hujan mengguyur kota Jambi cukup lama. Dan juga deras. Kalau kelurahan lain sudah banjir, barulag di Eka Jaya juga ikutan banjir," jelasnya.

Artinya, kata dia, bukan pemerintah tak mengusulkan atau memikirkan terkait pembangunan tersebut. Namun, dikarenakan keterbatasan anggaran, maka harus dilakukan secara bertahap. Terlebih, anggaran tersebut berada di dinas PUPR Kota Jambi. Dikarenakan panjang drainase tidak mampu ditangani oleh dana dari kelurahan, yakni melalui program pembangunan fisik Bangkit Berdaya.

"Seperti tahun lalu, kita sudah melakukan program Pakar Kasih untuk pembersihan kali dan juga mengangkat sedimentasi agar aliran tidak mampet dan lancar," ujarnya.

Bahkan dikatakan Abdul Salim, bukan hanya pembersihan saja, pihaknya juga telah membangun saluran baru. Namun, di tahun ini belum diketahui secara pasti bagaimana teknis Pakar Kasih yang akan diberlakukan kembali oleh pemerintah.

"Kita sudah usulkan kepada Dinas PUPR. Dan informasi dari Kabid SDA, setiap tahunnya nantinya bakal dianggarkan untuk pembangunan drainase di Kelurahan Eka Jaya, khususnya pada lokasi yang masih banjir dan butuh perbaikan," tandasnya.(tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: