3 Cabor Jadi Andalan

3 Cabor Jadi Andalan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI – Ada 101 atlet Jambi yang siap berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua, terdiri dari 22 cabang olahraga (cabor). Ada tiga cabor yang jadi andalan untuk bisa mendulang emas.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi Budi Setiawan mengatakan, cabor yang diandalkan yakni dari biliar, dayung dan panahan. Pada cabor andalan ini, ada tiga atlet yang pernah meraih medali pada PON sebelumnya.

“Seperti biliard yang pernah dua kali meraih medali emas, jadi kemungkinan besar kita bisa meraih emas kembali di tahun ini,” kata Budi, Minggu (12/9).

Dua cabor lainnya, yakni dayung dan panahan diyakini Budi juga bisa berbuat hal yang sama. Membawa nama baik Jambi di laga nasional, bersama-sama atlet-atlet lainnya.

“Yang jelas mereka sudah berpengalaman, kemudian mereka juga sudah mendapatkan juara, memungkinkan kita bisa meraih medali emas,” tambahnya.

Tiga atlet tersebut adalah Tiara dari dayung, kemudian Habib dari panahan dan Rizki dari biliar. Untuk menyumbangkan 13 emas di Papua seperti yang ditargetkan, Budi juga mengandalkan lima cabor lainnya, seperti gulat, wushu, tekwondo, atletik dan karate.

“Kita sangat berharap kepada mereka untuk berjuang untuk mengharumkan nama Jambi. Kita mohon doa juga kepada masyarakat Jambi untuk mereka yang akan berlaga ini supaya bisa meraih hasil maksimal,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk memberikan penghargaan kepada para atlet sekaligus penyemangat, Gubernur Jambi Al Haris menjanjikan atlet yang meraih medali emas untuk jadi honorer, sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sementara itu, Haris telah melepas atlet yang akan diberangkatkan ke PON Papua. Dia telah menyiapkan bonus yang cukup besar untuk atlet yang meraih medali emas, ini bertujuan untuk menghindari adanya jual beli medali bagi atlet.

“Karena merekalah yang membuat kita bangga di tingkat nasional. Para atlet yang berprestasi akan mendapatkan bonus,” kata dia. Untuk medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp 300 juta, untuk medali perak Rp 150 juta, dan untuk medali perunggu Rp 75 juta, sedangkan untuk pelatih akan disiapkan bonus Rp 250 juta rupiah.

Para atlet Jambi yang akan mengikuti PON ke-XX Papua tersebut, tarung derajat 5 atlet, panjat tebing 2 atlet, judo 2 atlet. Kemudian biliar 2 atlet, dan atletik 4 atlet.

Cabor angkat besi ada 5 atlet, angkat berat 1 atlet. Lalu 3 orang dari bulutangkis, 13 orang dari dayung, cabor gulat ada 3 orang. Dilanjutkan karate 2 orang, cabor menembak 1 orang, kemudian cabor muaythai ada 5 orang, panahan ada 8 atlet.

Selanjutnya, pencak silat satu orang, aquatik ada 13 atlet, senam 6 orang, sepak takraw 4 orang, sepatu roda 4 atlet, tekwondo 6 orang, tinju 3 orang dan wushu ada 6 orang. (slt/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: