5 Keuntungan Deposito di Bank, Apa Saja?

5 Keuntungan Deposito di Bank, Apa Saja?

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Mengelola keuangan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan upaya, salah satunya ialah dengan mengalokasikan dana di deposito. Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan uang sekaligus mendapatkan keuntungan. Lalu apa saja keuntungan deposito di bank itu?

Keuntungan Deposito di Bank

Inilah berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan deposito:

  1. Investasi yang Menguntungkan

Gambar 1

Perlu diingat deposito adalah salah satu instrumen investasi. Lembaga Penjamin Simpanan atau biasa disebut LPS menjamin akan keamanan tabungan deposito. Deposito akan menjaga nilai pokok dari uang yang disetorkan. Sangat berbeda dengan obligasi dan saham yang sama-sama instrumen investasi.

Pada obligasi nilai pokok dari dana awal kemungkinan besar akan berkurang. Sebab nilai pokok obligasi dipengaruhi dengan pergerakan suku bunga. Saat suku bunga naik maka nilai obligasi justru menurun. Semenatar saham nilainya bergantung pada pergerakan pasar.

  1. Suku Bunga yang Tinggi

Deposito memiliki nilai suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Dari situ pemilik tabungan deposito selain menyimpan uang bisa mendapatkan keuntungan juga. Ada imbal hasil yang lebih daripada menabung dengan jenis tabungan biasa. Setiap bulan biasanya pada deposito dana yang disimpan tidak akan terkena biaya administrasi, justru mendapatkan bunga.

  1. Mudah Diakses

Gambar 2

Jika dulu deposito aksesnya sangat terbatas, sekarang sudah banyak pihak bank yang menerapkan aturan baru dimana nasabah bisa mengambil bunga deposito dengan mudah. Jadi bunga yang didapatkan dari deposito dapat ditransfer ke rekening yang diinginkan. Artinya, nasabah mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan dalam bentuk bunga yang disetorkan pihak bank.

  1. Resiko yang Kecil

Resiko dari menabung jenis deposito ini tergolong kecil. Hal ini karena jenis tabungan atau instrumen investasi satu ini dikontrol LPS. Uang yang disimpan akan terlindungi dari fluktuasi pasar juga dari beragam bentuk penyelewengan dana. Jika ada kasus bank tempat menyimpan uang bangkrut, nanti LPS menjamin dana dari setiap nasabah yang merugi maksimal 2 miliar rupiah, serta memberikan bunga 7,5%. Asalkan bank yang bangkrut adalah bank yang sudah terdaftar di LPS.

  1. Aman

Gambar 3

Deposito sangat cocok dipilih untuk menabung karena uang yang sudah disetorkan tidak akan bisa diakses dengan mudah sampai waktu yang telah ditentukan. Uang tabungan pun jadi aman dan masih mendapatkan bunga yang bisa digunakan juga. Deposito ini bukan tidak bisa diambil sewaktu-waktu, namun saat mengambilnya di luar waktu yang ditentukan maka harus membayar penalti serta suku bunga hangus. Jadi pastikan tidak mengambil uang sebelum jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Nah, sekarang ini membuka tabungan untuk deposito bisa dilakukan secara online. Rekomendasi terbaik yang bisa Anda pilih adalah Senyumku Deposito dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Ini merupakan layanan deposito digital yang akan mempermudah nasabah untuk memiliki deposito secara online dengan tingkat suku bunga yang menarik.

Dengan Senyumku Deposito, Anda selaku nasabah bisa melakukan pendaftaran, pembukaan Deposito, melihat status dan pertumbuhan saldo sampai melakukan proses pencairan, langsung dari perangkat nasabah secara online. Tidak perlu khawatir soal keamanan, karena Deposito hanya bisa ditarik ke rekening atas nama Anda selaku pemilik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: