Gubernur Berlari Kencang, Kepala OPD "Jangan" Jalan di Tempat

Gubernur Berlari Kencang, Kepala OPD

Prinsipnya, fungsi dan tugas OPD harus difokuskan dalam peningkatan kerja dengan inovasi, namun kebijakan yang dilahirkan jelas dan tidak lari dari kondisi yang ada. Apalagi sekedar mengejar serapan anggaran, tanpa analisis kebutuhan pembangunan dan tidak memiliki efek ganda.

Melalui inovasi OPD diharapkan dapat menjawab semua tantangan dan hambatan dalam meningkatkan kinerja dinas yang dipimpinnya, sehingga fungsi-fungsi kelembagaan dapat terlaksana dengan baik, dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kajian inovasi yang dikembangkan.

Selain itu, kepala OPD agar selalu bekerja menggunakan data untuk mencapai suatu keberhasilan. Ketika bekerja tidak berdasarkan data, maka OPD tidak akan menemukan akhir dari tujuan. Para kepala OPD harus bekerja sesuai dengan indikator-indikator untuk mencapai penilaian yang komprehensif sesuai dengan strategi. Jadikan data sebagai acuan apa yang ingin dilakukan.

Dalam kaitan dengan loyalitas seorang Kepala OPD tidak boleh mempunyai target yang tidak berhubungan dengan target kinerja, apalagi target untuk mendapatkan sesuatu atau kepentingan diri sendiri, itu bukan kunci keberhasilan. Pemimpin harus mampu berdiri tegak di depan orang yang dipimpin dan masyarakat yang dilayani. Jangan membebankan Gubernur dengan bekerja tidak berdasarkan peraturan serta akhirnya menjadi polemik dan masalah. ***Penulis adalah Pengamat***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: