Komisi IV DPRD Kota Jambi Gelar RDP Bersama Disdik Kota Jambi

Komisi IV DPRD Kota Jambi Gelar RDP Bersama Disdik Kota Jambi

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Komisi IV DPRD Kota Jambi menggelar hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Disdik Kota Jambi, Selasa (29/3). Ini perihal masih ada sejumlah sekolah di Kota Jambi, yang belum memiliki kepala sekolah defiinitif.

RDP ini langsung dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kota Jambi, M Jasrul, didampingi sejumlah anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi.

Selain itu, RDP ini juga membahas mengenai persiapan ujian akhir sekolah. Dari RDP tersebut, diketahui dari data Disdik Kota Jambi, saat ini masih ada 71 kepala tingkat SD yang belum definitif.

Namun demikian , Disdik Kota Jambi terus berupaya memneuhi kebutuhan kepala sekolah yang masih kosong berdasrkan Permen Diknas No 40 tahun 2021.

Bahwa, kepala sekolah dapat diangkat melalui guru penggerak dan guru biasa yang usianya masimal 50 tahun.

Sementara untuk Kepala SMP di Kota Jambi, saat ini masih menunggu waktu pelantikan. Sehingga tidak ada masalah.

Sedangkan pelaksanaan ujian akhir sekolah, diserahkan ke tiap-tiap satuan pendidikan sekolah masing-masing. Namun demikian, hasil pelaksanaan tersebtu dilaporkan ke Disdik Kota Jambi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala BKPSDMD Kota Jambi, Liana Andriani mengatakan, Pemkot Jambi saat ini tengah melakukan assesmen terhadap kepala sekolah, baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Tapi sekarang baru yang SMP saja, yang SD belum," katanya.

Tujuannya adalah untuk melakukan rotasi atau pergeseran serta pengisian jabatan Kepsek baik SD dan SMP.

Sementara Kadisdik Kota Jambi, Mulyadi mengatakan kebutuhan akan kepala sekolah cukup mendesak. Hal ini karena di Kota Jambi akan ada kepala sekolah yang akan habis masa periodisasinya, atau pensiun.

Oleh sebab itu, Disdik Kota Jambi saat ini tengah melakukan fit and proper test calon kepsek, bekerjasama dengan BKPSDMD) Kota Jambi.

"Bukan hanya calon, tapi Kepsek yang lama juga harus ikut. Kita ingin mengetahui sejauh mana kecakapan dan kemampuan yang bersangkutan," kata Mulyadi. (zen)

Sumber: