Tak Kurangi Semangat Berprestasi

Tak Kurangi Semangat Berprestasi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Pembelajaran di masa pandemi Covid-19, tak membuat semangat siswa menurun. Mereka tetap semangat untuk berprestasi. Ini terbukti, dengan adanya sejumlah siswa yang masih mengikuti perlombaan tingkat nasional. Salah satunya, di SMAN 8 Kota Jambi.

Kepala SMAN 8 Kota Jambi, Drs. H. Sugiyono, M.Pd mengatakan, pihaknya tetap membimbing siswa untuk mengikuti perlombaan-perlombaan yang ada.

"Di era Covid-19, di samping pembelajaran efektif, walaupun masih 50 persen, tidak ada persoalan. Karena semua dipersiapkan berdasarkan Prokes Covid-19," ujarnya.

Di samping itu, kata dia kegiatan ekskul juga dilakukan pembinaan secara kontinuitas.

"Karena Covid-19 bukan jadi permasalahan yang besar. Tapi yang urgent, menjaga imun semua anak bangsa sehingga tidak terpengaruh dengan program ekskul itu sendiri," katanya.

Salah satu contoh, adalah olimpiade science yang akan mengikuti hingga ke tingkat nasional. Di Jambi, kata dia, hanya Mancek dan SMAN 8 yang lolos ke tingkat nasional. Ini merupakan bukti bahwa pembelajaran daring tak membuat penurunan pada semangat belajar dan prestasi siswa.

"Ini kan merupakan progress dan program berkesinambungan. Salah satu contoh persiapan melalui perencanaan, aplikasi tidak bisa terlepas dengan persyaratan yang harus dilalui," katanya.

Dirinya menyampaikan, salah satunya, dengan bimbingan untuk membaca buku dan persiapan yang matang. Pelatihan yang dilakukan secara kontinuitas, baik personality maupun non.

"Ketiga, evaluasi untuk mengukur sejauh mana kelemahan dan kekuatan, sehingga pada hari H nanti, persiapan dan kesiapan sudah siap," bebernya.

Menurut dia, saat ini setelah dilakukan PTM, meski belum semuanya dapat mengikuti, juga harus dijalankan dan dimanfaatkan dengan baik. Sehingga ke depan, prestasi-prestasi lain dapat tercapai. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: