Uji Kompetensi Dilaksanakan Maret

Uji Kompetensi Dilaksanakan Maret

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Uji kompetensi diperlukan bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini bertujuan agar kemampuan yang dimiliki siswa, dapat diakui.

Biasanya, ujian kompetensi ini dilakukan di tingkatan tiap kelas. Di SMK Revany Indra Putra, biasanya dilakukan pada Maret. Kepala SMK Revany Indra Putra, Emizal mengatakan bahwa saat pengujian ini, pihaknya akan melengkapi segala fasilitas yang diperlukan. Sebelum ujian, harus verifikasi tempat ujian, dan sebagainya.

"Kalau sudah oke, baru bisa melaksanakan ujian sendiri. Pengujinya pun biasanya mendatangkan dari luar," katanya.

Namun, kalau belum tercukupi fasilitas yang dibutuhkan, harus melakukan uji kompetensi ke sekolah lain.

"Karena ini penting. Harus ada fasilitas, terlebih mendatangkan penguji dari luar, dari Dunia Usaha Dunia Industri  (DUDI)," kata Emizal.

Dirinya mengatakan, sebelum pelaksanaan uji kompetensi, pihaknya membekali siswa dengan praktek. Termasuk juga Praktek Kerja Lapangan (PKL). Saat ini, ada sekitar empat rombongan belajar di sekolahnya yang mengikuti PKL ini.

"Kita harap dengan PKL ini siswa dapat mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari di sekolah, sehingga benar-benar praktek langsung di lapangan, tidak hanya untuk mengejar nilai," tandasnya. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: