Fakultas Dakwah Gelar Gebyar Dakwah ke-3

Fakultas Dakwah Gelar Gebyar Dakwah ke-3

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Fakultas Dakwah UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, menggelar kegiatan Gebyar Dakwah yang ketiga kalinya, dengan tema "Dengan Semangat Gebyar Dakwah Hidup Jadi Terarah dan Menjadi Berkah" di halaman Fakultas Dakwah, Selasa (9/11).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi Asyari, M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, dirinya mengatakan Fakultas Dakwah termasuk fakultas yang paling aktif dalam setiap kegiatan.

“Dari kegiatan-kegiatan fakultas, Fakultas Dakwah inilah yang lebih giat dari pada fakultas lainnya. Sebagai perguruan tinggi, kita tidak boleh berhenti dalam berdakwah,” ujarnya saat memberikan kata sambutan.

Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Zulqarnin, M.Ag mengatakan, Gebyar Dakwah merupakan agenda tahunan Fakultas Dakwah, yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dengan berdirinya Fakultas Dakwah secara mandiri, sebagai salah satu strategi dalam memperkenalkan Fakultas Dakwah ke masyarakat luas.

"Gebyar Dakwah ini, sebagai ungkapan rasa syukur kita dengan berdirinya Fakultas Dakwah secara mandiri, dan sebagai ajang memperkenalkan Fakultas Dakwah ke masyarakat luas," ujarnya.

Ia melanjutkan, selain sebagai ungkapan rasa syukur dan untuk memperkenalkan Fakultas Dakwah, agenda tahun ini juga untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dan siswa yang berkaitan dengan keilmuan dakwah.

"Agenda tahunan ini, juga untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan keilmuan dakwah, khususnya di bidang komunikasi dakwah. Walaupun dakwah juga ada dakwah bil hal, akan tetapi lebih dominan ke komunikasi dakwah. Seperti public speaking, dakwah terbuka, dakwah kelompok dan dakwah individu," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III sekaligus Ketua Panitia Gebyar Dakwah, Dr. Samin Batubara, M.HI mengatakan, kegiatan ini digelar selama dua hari dan diikuti 101 peserta dari berbagai pondok pesantren, MA, SMA dan mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

"Pada tahun sebelumnya, kegiatan ini diadakan hanya melibatkan mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi saja. Akan tetapi, untuk tahun ini kita juga mengambil peserta dari pondok pesantren, MA dan SMA," bebernya.

Perlombaan yang digelar kali ini pun, ada empat jenis. Yakni pidato/ceramah, MC, baca berita, dan karya ilmiah.

"Untuk lomba pidato/ceramah, itu diikuti oleh 36 peserta. Lomba MC diikuti 32 peserta, lomba baca berita diikuti oleh 29 peserta dan untuk lomba karya ilmiah hanya diikuti empat peserta saja," jelasnya.

Target ke depan, lanjut Samin, Fakultas Dakwah akan menggelar kegiatan ini ke tingkat provinsi dan akan menambahkan lebih banyak lagi ragam perlombaan. 

"Target untuk kegiatan selanjutnya, kami akan menambahkan perlombaan yakni Hadroh dan Syahril Hadist. Biasanyakan Syahril Alquran, akan tetapi Fakultas Dakwah akan membuat perlombaan baru yakni Syahril Hadist," tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Jambi, yang diwakili oleh Asisten I, Kepala Kemenag Provinsi Jambi, Kepala Kemenag Kota Jambi, Camat Jambi Luar Kota, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Wakil Dekan III Fakultas Syariah. (mg07/tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: