Tanggal Cantik 22/2/2022, Ratusan Pasangan di Negara Ini Berbondong-bondong Nikah

Tanggal Cantik 22/2/2022, Ratusan Pasangan di Negara Ini Berbondong-bondong Nikah

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SINGAPURA - Banyak orang yang menduga bahwa Hari Valentine akan menjadi hari yang paling romantis di tahun 2022, padahal kenyataannya tidak sepenuhnya benar.

Dikabarkan ada rausan pasangan di Singapura yang akan memadati Registry of Marriages (ROM) untuk menikah pada tanggal cantik, yakni 22/2/2022.

Melansir dari laman Mothership.SG,  setidaknya ada 483 pasangan yang telah mengajukan diri untuk mendaftarkan pernikahan mereka di ROM pada 22 Februari.Kabar tersebut bahkan sudah dikonfirmasi Kabar tersebut bahkan sudah dikonfirmasi langsung oleh seorang juru bicara ROM kepada media The Straits Times.

Jumlah ini tercatat pada 24 Januari dan kemungkinan jumlah akhir pasangan yang menikah pada hari itu lebih tinggi karena pasangan memiliki waktu hingga 31 Januari untuk mengajukan pemberitahuan pernikahan mereka.

Juru bicara ROM mengatakan bahwa rata-rata ada 58 pernikahan di hari kerja, yang berarti pasangan yang menikah pada 22 Februari hampir sembilan kali lipat dari jumlah biasanya.

Dalam laporan Departemen Statistik Singapura tentang Pernikahan dan Perceraian di Singapura, tercatat ada 22.651 pernikahan di tahun 2020, dengan 6.595 perceraian di tahun yang sama.

Jumlah pernikahan dan perceraian menurun masing-masing 10,9 persen dan 8,7 persen dari tahun sebelumnya, namun tercatat bahwa Covid-19 dan pemutus sirkuit mungkin telah berkontribusi terhadap penurunan ini.

Lantas, apa sih yang membedakan tanggal tersebut dengan tanggal yang lain?

Ternyata ada beberapa alasan mengapa pasangan dapat memilih tanggal tertentu.

Pertama, 22/2/22 tanggal palindrom yang artinya dapat dibaca mundur sama seperti maju.

Fenomena nikah di tanggal cantik terakhir kali terjadi pada 11 tahun yang lalu pada 11/1/11.

Tanggal seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi, mengingat tanggal berikutnya adalah 33/3/33 atau 44/4/44.

Kedua, tanggal jatuh pada hari Selasa, hari kedua dalam seminggu. Yang mungkin terlihat menambah iring-iringan dua orang.

Perencana pernikahan Elaine Soh, dari The Wedding People, mengatakan kepada ST bahwa 22 Februari sebagai tanggal keberuntungan dalam kalender Cina untuk menggelar pernikahan dan pertunangan.

Mengapa begitu, karena hal tersebut dianggap sebagai angka genap lebih disukai daripada angka ganjil.

Alasan terakhir adalah biasanya tanggal cantik merupakan tanggal yang sangat mudah diingat.

Maka dari itu, setiap pasangan tidak lagi punya alasan untuk melupakan hari jadi pernikahan mereka.(fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: