Warga Sarolangun Pilih Gelar Picu Biduk Secara Mandiri

Warga Sarolangun Pilih Gelar Picu Biduk Secara Mandiri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SAROLANGUN - Sebagaimana diketahui, tidak bakal terselenggaranya pacu perahu atau pacu biduk di Sarolangun pasca Idul Fitri 1443 H mendatang, banyak menimbulkan kekecewaan di masyarakat. Sebab, salah satu hiburan rakyat tersebut hanya satu tahun sekali diselenggarakan.

Meski dinas terkait tak miliki anggaran untuk menyelenggarakannya, namun masyarakat tetap optimis menggelar kegiatan pacu perahu.

Contohnya di Kelurahan Gunungkembang, untuk mengambil inisiatif dan bekerjasama dengan pemuda dan masyarakat. Sepakat untuk mengadakan kegiatan pacu perahu atau balumbo biduk.

Menanggapi hak itu, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Sarolangun, Kasyadi mengatakan, itu merupakan inisiatif dari Lurah Gunungkembang. Namun, dia mengakui untuk laporan atau pemberitahuan ke Disparpora baik lisan atau tertulis hingga saat ini belum ada.

Baca Juga: Tak Punya Izin dan Tutup Drainase, Satpol PP Merangin Stop Pengerjaan Jalan Pribadi Warga

Baca Juga: Bupati Merangin Mashuri: Merangin akan Punya Air Minum Kemasan

"Saya berterimakasih kepada pihak kelurahan gunung kembang, karena telah berinisiatif untuk mengadakan lomba biduk tingkat kelurahan sebagai pengobat rindu masyarakat," katanya.

Soal minimnya anggaran, dan bagaimana koordinasi dengan pihak perusahaan atau sponsor. Dirinya menyebutkan, bahwa tidak memiliki relasi dengan pihak perusahaan. Di samping itu, kata dia, saat ini kondisi air sungai sedang dangkal.

"Kito nak minta duit ke sponsor tu dak punya relasi dengan perusahaan. Di samping kondisi sungai yang dangkal. Kemarin kami sdh ketemu Camat Sarokangun, Lurah Pasar dan Ketua PODSI, itulah kendalanya selain kendala anggaran," ungkapnya

Sementara itu, Holil Lurah Gunung Kembang menjelaskan, kegiatan yang akan diselenggarakan ini sudah lama diagendakan. Kata dia, kegiatan ini permintaan dari pemuda dan pihak kelurahan mengambil inisiatif untuk mengakomodir kegiatan tersebut.

Baca Juga: Arakan Sahur Ramadan Kabupaten Tanjab Barat, Menuju Event Nasional

Baca Juga: Bupati Tanjab Timur Respon Cepat Keluhan Kelangkaan Solar di Nipah

"Karena sudah agenda jugo mengadakan kegiatan ini di Kelurahan gunung kembang. Kegiatan ini, permintaan dr pemuda, dan kami ambil inisiatif," ujarnya

Ia menambahkan, terlaksananya kegiatan ini. Sebenarnya berawal dari obrolan santai dengan pihak perusahaan salah satu provider jaringan yang ada di Sarolangun.

"Kebetulan di Gunungkembang Ado tower baru,  jadi mau membantu kegiatan tersebut," tukasnya (bam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: