Mantan Presiden Kenya Mwai Kibaki Tutup Usia, Rakyat Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Mantan Presiden Kenya Mwai Kibaki Tutup Usia, Rakyat Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

KENYA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Mantan Presiden Kenya, Mwai Kibaki dikabarkan meningga dunia di usia 90 tahun. Ini disampaikan langsung Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, Jumat 22 April 2022 kemarin.

Mwai Kibaki sendiri pernah memimpin negara Afrika Timur itu selama lebih dari satu dekade.

“Ini adalah hari yang menyedihkan bagi kami. Kami telah kehilangan seorang pemimpin besar,” sebut Kenyatta dalam sebuah pidato di televisi pemerintah, dikutip dari NDTV Jumat 22 April 2022.

Kabar duka ini sontak membuat banyak politisi Kenya, pemimpin Afrika, dan mantan penguasa kolonial Inggris lainnya ikut menyampaikan belasungkawa.

Baca Juga: Catat Halalbihalal Idul Fitri 1443 H Dilarang Makan Minum, Ini Penjelasan Mendagri Tito Karnavian

Baca Juga: Jelang Tayang di Bioskop, Sejumlah Aktor Film KKN Desa Penari Kerap Alami Hal Mistis

Hanya saja memang,  tentang kematian Kibaki belum diungkap secara resmi. Namun memang, belakangan dikabarkan  kesehatannya terus menurun sejak menderita kecelakaan mobil yang serius pada 2002 lalu.

Sejak itulah dia telah keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir.

Kenyatta mengatakan, pemakaman kenegaraan diperkirakan akan dilakukan pada Sabtu pagi waktu setempat 23 April 2022.

Disamling itu, dirinya juga memerintahkan rakyat Kenya untuk melakukan berkabung nasional sejak Jumat hingga matahari terbenam pada hari Kibaki dimakamkan, dengan semua bendera di gedung-gedung publik dikibarkan setengah tiang.

Baca Juga: Putaran Pilpres Diprediksi Dua Kali, SMRC: Bila Ada Tiga Pasang Kandidat

Baca Juga: Wow, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Air Jahe Campur Bawang Putih

Perlu diketahui, Kibaki menjabat sebagai presiden ketiga negara itu dari Desember 2002 hingga April 2013. Ia mengambil alih kekuasaan otoriter Daniel arap Moi.

Pemerintahannya menyaksikan konflik yang paling keras dalam sejarah Kenya, ketika lebih dari 1.100 orang tewas dalam pertempuran etnis berdarah setelah pemilihan 2007.

Tetapi ia juga mengawasi penerapan konstitusi baru dengan reformasi yang bertujuan untuk mencegah kerusuhan semacam itu.

Kibaki meninggalkan warisan pertumbuhan yang kuat di pusat kekuatan ekonomi regional, meluncurkan proyek infrastruktur besar, dan meningkatkan sektor kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga: Tips Buat Perokok Berat, Biar Kualitas Sperma Lebih Tokcer

Namun pemerintahannya juga dirusak oleh korupsi yang merajalela. Bahkan pengeluaran APBN untuk proyek-proyek unggulannya justru berkontribusi pada utang negara yang bombastis. (*/Zen)


Artikel ini sudah pernah tayang di sumeks.co dengan judul: Kenya Berduka, Mantan Presiden Mwai Kibaki Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: