Maulana: Peran Ketua RT Diperlukan untuk Imbau Masyarakat yang Mudik

 Maulana: Peran Ketua RT Diperlukan untuk Imbau Masyarakat yang Mudik

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Ketua Rukun Tetangga (RT) tentu memiliki peranan penting dalam hal perpanjangan tangan berbagai program pemerintah di tengah masyarakat. Sebab, Ketua RT lah yang terdekat dengan masyarakat.

Lewat Ketua RT, pemerintah dapat memberikan berbagai informasi, baik mengenai perkembangan suatu wilayah, program pembangunan, serta hal lainnya yang  tentunya diperlukan masyarakat.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, jelang Idul Fitri 1443 H pula, peran RT sangat diperlukan. Mengingat, banyak warga yang nantinya akan mudik meninggalkan rumah.

“Maka dari itu, kita minta Ketua RT dapat memberikan imbauan ke masyarakat. Mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan diantisipasi selama mudik lebaran,” terang Maulana, Selasa 26 April 2022.

Baca Juga: Seorang Pelajar Tewas di Km 15 Jalan Lintas Jambi-Palembang, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Di Rest Area KM 57, Kapolri Imbau Pemudik Manfaatkan Layanan Posko Mudik

Hal ini perlu dilakukan juga untuk menghindari hal-hal tak diinginkan selama mudik lebaran. Seperti di antaranya musibah kebakaran dan lainnya.

“Kami berikan pesan penting dalam suasana aman, nyaman dan kondusif selama Idul Fitri besok. Jangan sampai nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” kata Maulana.

Lebih lanjut, selain antisipasi berbagai permaslahan yang terjadi. Peran penting lainnya bagi Ketua RT yakni, dapat mengarahkan warganya untuk ikut vaksinasi yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun pihak lainnya.

“Apalagi bagi mereka yang mau mudik, mesti lengkap ini vaksinnya,” timpalnya. Lanjut Maulana, dari sejumlah sample darah warga Kota Jambi yang dikirim ke Jakarta, hasil surveinya, anti bodi warga Kota Jambi sudah cukup bagus.

Baca Juga: Peduli Kasih, IMI Jambi Bagikan Sembako ke Panti Asuhan

Baca Juga: Catat, Siswa Madrasah Dapat Dana Bantuan Kemenag Jelang Idul Fitri 1443 H

“Maka dari itu kita perlu divaksin. Idul Fitri nanti akan banyak mobilitas masyarakat, Kota Jambi menjadi kota tujuan mudik,” terangnya.
Tak hanya itu, Ketua RT, Lurah, Babinsa hingga Babhinkamtibmas yang ada, diminta dapat melakukan pengawasan terhadap para pendatang. “Terutama mereka, pemudik yang transit di beberapa titik, seperti rumah makan dan lainnya ini perlu diawasi,” tutupnya. (zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: